Kenali 10 Cara Agar Menjadi Karyawan Yang Disenangi Bos Di Tempat Kerja

Kenali 10 Cara Agar Menjadi Karyawan Yang Disenangi Bos Di Tempat Kerja

Kenali 10 Cara Agar Menjadi Karyawan Yang Disenangi Bos Di Tempat Kerja

10 Cara Agar Menjadi Karyawan Yang Disenangi Bos – Bekerja di suatu perusahaan mau tidak mau kita harus patuh pada pimpinan atau Bos kita. Masalahnya akan menjadi rumit apabila kita memiliki Bos yang mempunyai karakter yang sulit, misalnya mempunyai hobi marah-marah atau tidak pernah puas dengan hasil perkerjaan kita, selalu saja ada yang salah. Jika itu terjadi kita akan merasa tertekan di tempat kerja.

10 Cara Agar Menjadi Karyawan Yang Disenangi Bos

 

Kebanyakan orang akan memutuskan berhenti bekerja karena tidak ada kecocokan dengan Bos dan mencap Bos sebagai Bos yang buruk. Namun benarkah demikian? Mungkin kita sendiri yang tidak dapat mengakomodir keinginan Bos.

Bos berhak menentukan siapa-siapa saja yang bisa menjadi kesayangannya. Ada istilah ‘Boss is the Boss’. Kita tidak dapat melawan kehendak Bos kalau kita tetap mau bekerja di perusahaan tersebut.
Melawan Bos sama artinya dengan bunuh diri. Jadi sebaiknya kita menghadapi Bos yang sulit dengan strategi. Kenali -10 cara agar menjadi karyawan yang disenangi Bos berikut ini.

1. Meng-upgrade Diri
Jadilah karyawan yang selalu meng-upgrade diri dengan pengetahuan-pengetahuan yang ada hubungannya dengan bidang pekerjaan maupun tidak. Ikuti seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan atau sekolah lagi. Hal tersebut akan membuat Anda lebih unggul dan Bos mau tidak mau akan datang kepada Anda untuk bertanya karena Anda dianggap mempunyai pengetahuan yang mumpuni.

2. Berikan Kesan Positif
Bagaimanapun Bos adalah orang yang menilaine kinerja Anda di kantor. Merekalah orang yang berhak merekomendasikan Anda untuk mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji. Apabila Anda ingin dianggap sebagai karyawan yang layak untuk mendapatkan promosi maka Anda harus memberikan kesan positif kepada Bos.

3. Sumber Informasi
Jadikan diri Anda sebagai karyawan yang selalu memberikan informasi kepada Bos mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan bisnis maupun lingkungan kerja. Yang terpenting berikan informasi yang benar dan bukan yang bersifat menghasut agar terhindar konflik dengan rekan sekerja.

4. Kenali Bos Anda
Kebanyakan karyawan akan merasa canggung dan sungkan untuk mengenal Bos lebih dalam. Hal ini dapat dimengerti karena hirarki jabatan, belum lagi omongan dari rekan-rekan sekerja lainnya yang mungkin akan menganggap kita lagi ‘cari muka’ dengan Bos.

Supaya tidak dianggap ‘cari muka’ lakukan pendekatan-pendekatan dengan natural dan tidak dipaksakan. Anda bisa memulainya ketika Anda sedang pergi untuk urusan bisnis berdua dengan Bos maupun pada saat bertemu makan siang atau merokok.

Dengan mengenal Bos lebih dalam, kita akan memahami sifat-sifatnya, apa yang disenanginya dan tidak disukainya dan sebagainya. Sehingga dengan demikian kita dapat menjaga sikap dan lebih berhati-hati mengucapkan atau melakukan hal-hal yang tidak disukai Bos.

5. Kerjakan Tugas Dengan Cepat
Bos akan menilai kinerja karyawan salah satunya dari tugas-tugas yang diberikan Bos kepada Anda. Karyawan yang selalu tanggap dan sigap mengerjakan tugas-tugas dari Bos akan mendapatkan penilaian yang positif dibandingkan dengan yang ogah-ogahan mengerjakan tugas dari Bos. Walaupun Anda tidak suka atau sibuk tetapi luangkan waktu secepatnya untuk mengerjakan tugas yang diberikan Bos.

Cek ulang 1000 kali sebelum menyerahkan tugas kepada Bos. Percuma saja kalau Anda mengerjakan tugas dari Bos dengan cepat namun ternyata Bos mendapati banyak kesalahan. Ingat hal ini akan mendapatkan penilaian yang kurang darinya. Bos akan menganggap Anda kurang teliti dan kerja asal-asalan.

6. Jangan Menolak Pekerjaan
Jadilah karyawan yang selalu siap menerima pekerjaan apapun dari Bos sepanjang itu masih menyangkut deskripsi pekerjaan Anda. Walaupun Anda tidak punya waktu dan tugas dari Bos dirasakan sulit, terima dengan positif tugas dari Bos. Setelah dirasakan Anda tidak mampu, Anda bisa mengutarakannya kepada Bos dan memberikan alasan-alasannya. Yang penting Anda sudah mencoba. Bos akan lebih menghargai orang yang sudah mencoba terlebih dahulu daripada yang menolak dari awal.

7. Bersikap Proaktif
Tunjukkan sikap proaktif dengan bertanya atau memberikan pendapat serta sikap siap membantu Bos maupun rekan kerja. Dengan demikian Anda akan mendapatkan penilaian positif dari rekan kerja maupun Bos.

8. Tidak Kebal Kritikan
Apabila Anda mendapat kritikan dari Bos sebaiknya jangan tunjukkan sikap marah atau tidak suka. Ingat ‘The Boss Never Do Wrong’ artinya Bos selalu benar.Terimalah kritikan dari Bos dengan sikap positif dan inisiatif untuk memperbaiki diri atau kesalahan Anda.

9. Jadi Panutan
Pastikan tindakan dan kata-kata Anda menjadi contoh yang positif bagi rekan sekerja maupun lingkungan sekitar Anda. Tunjukkan sikap bersahabat kepada rekan sekerja maupun divisi lain. Dengan demikian Bos maupun rekan sekerja akan sulit mencari-cari kesalahan Anda.

10. Rajin Berdiskusi
Diskusikan setiap masalah dengan Bos dan minta pendapatnya. Jangan merasa sungkan atau malu menjadi orang yang pertama mengajak Bos untuk mendiskusikan masalah pekerjaan.

Apakah Anda sudah mencoba -10 Cara Agar Menjadi Karyawan Yang Disenangi Bos di atas. Apabila belum maka sekarang adalah saat yang tepat untuk mencoba beberapa hal di atas yang selama ini belum Anda lakukan sehingga Anda akan dinilai positif di mata Bos.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan? – Hal Yang Dilakukan Amazon

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download