10 Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Lebih Bisa Berhemat – Cara Berhemat Yang Belum Anda Ketahui

10 Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Lebih Bisa Berhemat – Cara Berhemat Yang Belum Anda Ketahui

10 Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Lebih Bisa Berhemat – Cara Berhemat Yang Belum Anda Ketahui

10 Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Lebih Bisa Berhemat – Ada banyak cara untuk berhemat, namun terkadang secara tidak sadar kita menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang seharusnya tidak perlu dan bisa dihemat. Pernahkan terpikir oleh Anda bahwa kesenangan-kesenangan Anda selama ini adalah salah satu bentuk pemborosan seperti keharusan minum smoothies atau ngopi ke kedai kopi tiap hari.

10 Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Lebih Bisa Berhemat

Ada baiknya Anda mulai memikirkan pengeluaran-pengeluaran apa saja yang perlu dikaji ulang dan berikut ini adalah -10 Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Lebih Bisa Berhemat. Apa sajakah itu?

1. Biaya ATM
Pernahkah terpikir oleh Anda berapa biaya ATM yang dikenakan apabila Anda menarik uang pada ATM Bersama? Berapa kali dalam sebulan Anda menarik ATM dan bila diakumulasikan dalam setahun berapa uang yang seharusnya bisa Anda hemat. Agar bisa lebih berhemat pastikan Anda hanya menarik uang di ATM mesin bank Anda.

2. Biaya Keterlambatan
Seperti halnya biaya ATM, biaya keterlambatan juga merupakan pengeluaran yang tidak bisa diterima.
Karena kesibukan kita, terkadang kita lupa membayar tagihan-tagihan tepat waktu. Sekarang ini telah tersedia banyak layanan online untuk membayar tagihan-tagihan maka ada baiknya Anda menggunakan jasa layanan mereka untuk membayar tagihan listrik, air, telepon, internet, kartu kredit dan sebagainya, terlebih bila Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak mempunyai cukup waktu untuk itu.

3. Transportasi Online
Karena terkesan sangat praktis, orang lebih memilih menggunakan transportasi online daripada transportasi umum, naik sepeda atau berjalan kaki. Ada baiknya Anda mulai memperhitungkan apakah dengan menggunakan transportasi online Anda lebih boros atau berhemat. Adakalanya menggunakan transportasi online lebih murah untuk destinasi dan jam-jam tertentu namun terkadang menggunakan transportasi umum jauh lebih murah walaupun Anda harus berjalan kaki sedikit untuk menuju ke stasiun atau halte bis. Yang penting carilah cara agar Anda bisa memangkas biaya transportasi Anda.

4. Selalu Makan Di Luar
Sekali-sekali makan di luar masih dapat diterima tetapi apabila setiap kali harus makan di luar maka itu adalah pemborosan yang harus dihindari. Sudah dipastikan makan atau membeli makanan di restoran atau cafe jauh lebih mahal dibandingkan dengan memasak sendiri. Memang makan keluar bersama teman-teman dan rekan sekerja merupakan hal yang sangat menyenangkan namun jangan sampai hal tersebut menjadi kebiasaan.

5. Mengopi Setiap Hari
Minum kopi setiap hari di rumah atau kantor tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah apabila sudah menjadi kebiasaan harus ngopi di kedai kopi setiap hari. Sangat mengerikan apabila diakumulasikan dalam setahun. Lebih baik Anda berinvestasi dengan membeli alat peracik kopi yang bagus dan membuat kopi sendiri daripada mengeluarkan uang 50 ribu sehari.

6. TV Kabel
Pertimbangkan apakah Anda benar-benar memerlukan tontonan TV kabel di rumah? Apabila Anda hanya menonton 2-3 jam perminggu, alangkah ruginya Anda apabila harus membayar ratusan ribu tiap bulannya.

7. Membeli Bahan Makanan Secara Berlebihan
Pastikan Anda hanya membeli bahan makanan yang Anda perlukan dalam seminggu, buatlah daftar makanan yang akan dibeli dan tepati daftar pada saat berbelanja. Lebih baik Anda membeli bahan makanan dalam batas cukup saja daripada berlebihan karena kalau kurang Anda bisa membelinya lagi apabila lewat pasar atau pasar swalayan. Hindari membeli makanan secara berlebihan dan kemudian membuangnya apabila sudah busuk atau tidak diperlukan lagi.

8. Membeli Pakaian Murah
Pakaian yang murah otomatis kualitasnya lebih rendah dan lebih cepat rusak dan pudar warnanya. Dengan membeli pakaian atau sepatu yang kualitasnya tinggi Anda akan berhemat karena lebih tahan lama sehingga Anda tidak perlu membeli pakaian atau sepatu terlalu sering.

9. Tidak Menggunakan Wi-Fi
Dengan tersedia layanan Wi-Fi di mana-mana, pastikan Anda memanfaatkannya untuk menghemat data telpon seluler Anda. Pastikan Anda juga setiap kali mengecek pada provider telpon seluler Anda berapa banyak data yang masih tersedia sehingga Anda lebih berhati-hati dalam menggunakannya dan tidak lewat batas.

10. Menyewa Kamar Pondokan Yang Terlalu Besar
Apabila Anda ingin berhemat maka jangan menyewa kamar yang terlalu besar untuk seorang diri saja karena hal itu akan mubazir karena Anda tidak akan menggunakan ruang itu semuanya. Banyak cara untuk menyewa kamar yang murah atau lebih murah.

Apabila kamar terlalu besar, Anda bisa menggunakannya berdua dengan teman Anda sehingga Anda bisa lebih berhemat. Dengan demikian Anda bisa menabung kelebihan uang tersebut untuk membeli rumah masa depan Anda.

Semoga dengan mengetahui -10 Hal Yang Harus Anda Hindari Agar Lebih Bisa Berhemat. Anda bisa lebih bijak dalam membelanjakan uang Anda.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Tiga Kesalahan Finansial Yang Sering Dibuat Orang Muda – Menurut Tim Chen Miliader Penemu NerdWallet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download