3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda – Simak Nasihat Dari Profesor Harvard

3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda – Simak Nasihat Dari Profesor Harvard

3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda – Simak Nasihat Dari Profesor Harvard

3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda – Membangun kepercayaan dalam suatu bisnis tidak mudah. Harus ada usaha dari diri Anda yang membuat publik percaya kepada bisnis yang Anda bangun. Kisah berikut ini dipaparkan oleh Profesor Frances Frei dari Sekolah Bisnis Harvard yang ditarik bekerja oleh perusahaan Uber Amerika sebagai Wakil Presiden Direktur bagian kepemimpinan dan strategi pada tahun 2017 untuk mengembalikan kepercayaan publik.

3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda

Apa saja -3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda yang diajarkan oleh Profesor Frei kepada pimpinan Uber? Mari kita simak kisahnya berikut ini.

“Saya sangat antusias masuk ke dalam suatu institusi yang sedang bermasalah.” tutur sang profesor dalam acara bincang-bincang dengan Ted. “Sebuah institusi yang sedang kehilangan kepercayaan dari para konsumennya.”

Uber mengajak Frei bergabung pada bulan Juni 2017 sebelum hengkangnya CEO Travis Kalanick. Frei memberikan pelatihan kepada pimpinan Uber tim dan lebih dari 3000 manajer Uber selama 250 hari, memberikan pelatihan kepada mereka untuk saling membangun kepercayaan yang pada akhirnya mengembalikan kepercayaan publik kepada perusahaan. Pada bulan Februari 2018 Frei kembali mengajar di Harvard.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Uber? Frei menceritakan pada saat dia bergabung Uber sedang goncang di mana-mana. “Perasaan empati, akal sehat dan keorisinalitas sedang terguncang hebat,” papar Frei dalam acara bincang-bincang dengan Ted. Sedangkan sifat-sifat ini adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan, tutur Frei.

Berdasarkan pendekatan Frei dengan Uber, inilah -3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda.

1. Jangan Berpura-pura Menjadi Orang Lain
Menjadi diri sendiri sangat menantang pada saat Anda berada di sekeliling orang yang berbeda dengan Anda, pungkas Frei.

Uber mungkin masih berjuang untuk menciptakan suasana di mana orang menjadi diri mereka sendiri, namun “hal tersebut tidak akan membuat Uber berbeda dengan perusahaan lainnya seperti yang saya temui di Silicon Valley dan lainnya,” tutur Frei. “Mereka yang tidak mau berubah seringkali lebih dihargai dibanding dengan mereka yang memberikan pandangan berbeda.”

“Apabila kita menyangkal siapa diri kita, orang malahan kurang percaya kepada kita,” lanjut Frei. Hal ini karena “sebagai makhluk hidup kita dapat segera merasa apakah seseorang menjadi diri mereka sendiri atau tidak.”

Dan apabila kita tidak dipercaya dalam lingkup kerja, “maka sepertinya kita tidak akan diberi tugas
yang luas, yang artinya “kita akan sulit mendapat promosi kenaikan,” paparnya.

Agar lebih menjadi diri sendiri, “pakailah pakaian yang membuat Anda merasa luar biasa. Jangan terlalu memikirkan apa kata orang namun arahkan perhatian pada orisinalitas Anda, perkataan yang positif,” saran Frei.

2. Cepat Tanggap
Pada saat Anda sedang berdiskusi dengan yang lain, penting untuk mengungkapkan pandangan Anda secara cepat dan langsung.

“Ungkapkan pandangan Anda secara tajam dan jelas, kemudian tambahkan bukti-bukti,” tutur Frei.”
“Dengan demikian orang akan lebih mudah menangkap ide-ide luar biasa kita dan yang lebih penting pandangan Anda sudah Anda kemukakan, pada saat Anda dipotong sebelum Anda selesai berbicara, seseorang yang berlawanan dan merebutnya dari Anda.

Arahkan penjelasan atau cerita yang panjang lebar untuk mengurangi kesalahpahaman.

3. Berempati
Hindari perhatian beralih ke hal-hal lain pada saat berdiskusi dengan yang lain. Memberikan perhatian penuh kepada yang lain salah satu unsur yang penting untuk menunjukkan empati Anda.

“Pada saat rapat di Uber, sudah lumrah bagi orang untuk saling membagikan hasil meeting dengan SMS. Saya belum pernah melihat hal ini sebelumnya,” kata Frei. “Hal tersebut tidak menciptakan suasana yang aman dan penuh empati.”

Suatu kali Frei memberikan peraturan baru dan menjadikan ini suatu kebiasaan: “Singkirkan teknologi.”

“Kita semua sibuk dengan tuntutan-tuntutan waktu, padahal sebenarnya mudah untuk meluangkan waktu dan memberikan ruang untuk berempati,” tutur Frei. “Apabila Anda sedang santai, singkirkan telepon seluler Anda. Karena telepon seluler merupakan ganggauan terbesar yang pernah ada sehingga membuat Anda sulit berempati dan dipercaya kehadirannya.”

Perubahannya adalah “memaksa orang untuk melongok, mengarahkan pandangan kepada orang yang di depannya, mendengarkannya, meleburkan diri masuk ke dalam jalan pikiran mereka dan berkolaborasi seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tambah Frei.

Dengan menyingkirkan teknologi, strategi alih perhatian yang rendah merupakan cara yang ampuh untuk mengurangi tekanan dan berhubungan denga rekan kerja, keluarga atau teman. Apabila kita “mengarahkan pandangan kepada orang di depan kita, mendengarkan mereka and meleburkan diri masuk ke dalam jalan pikiran mereka, maka kita akan memiliki niat yang kokoh untuk berempati,” tutur Frei.

Suatu nasihat yang simpel dan manusiawi dari Frei mengenai -3 Cara Mudah Agar Orang Mempercayai Anda.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Cara Bijak Mengatasi Konflik Dengan Rekan Kerja Sekantor Yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download