Simak 4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses – Tips Dari Adam Cheyer

Simak 4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses – Tips Dari Adam Cheyer

Simak 4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses – Tips Dari Adam Cheyer

Simak 4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses – Adam Cheyer adalah salah satu pendiri perusahaan Siri yang bergerak di bidang perangkat lunak spesialis virtual. Sebelum bergabung dengan Siri, ia adalah direktur teknik iPhone grup di Apple. Pada akhirnya dia menjual Siri ke Steve Jobs dan apa sarannya tentang -4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses, simak kisahnya berikut ini.

4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses

Pada saat Adam Cheyer mulai bekerja di bidang komputer pada awal tahun 90 an, secara naluriah dia sudah membaca bahwa di masa depan orang akan melibatkan mesin untuk berinteraksi antarmuka secara lebih alami melalui perpaduan antara ucapan dan tulisan.

Oleh karena itulah Chayer pada tahun 1993 yang pada saat itu dia masih bekerja di SRI International bagian penelitian, dia menciptakan prototipe awal akan seperti apa Siri di kemudian hari yaitu bantuan suara otomatis yang terdapat di iPhone Apple.

Cheyer menciptakan 50 versi teknologi Siri lebih dari 20 tahun. Namun belum sampai iPhone diluncurkan pada tahun 2007, timnya melihat kesempatan yang amat bagus bagi yang lain untuk menggunakan teknologi Siri, dengan demikian mereka akan mencetak lebih banyak uang.

Bersama Dag Kittlaus dan Tom Gruber, Cheyer membutuhkan waktu dua tahun lagi untuk membangun bentuk komersial dari Siri. Pada bulan Februari 2010, ia meluncurkan Siri sebagai salah satu aplikasi di perangkat Apple bersama dengan ribuan aplikasi lainnya.

Tampaknya aplikasi tersebut sangat disukai, karena dua atau tiga minggu setelah diluncurkan, Steve Jobs menelepon kantor Cheyer tanpa pemberitahuan lebih dahulu. Dia ingin membeli perusahaan Siri dan teknologinya.

Cheyer dan tim Siri nya serta merta menolak tawaran pertama Jobs. “Tanpa ragu kami mengatakan bahwa kami sangat tersanjung namun kami belum berniat menjualnya pada saat itu,” tutur Cheyer. Pada saat itu mereka baru saja memutar dana yang digunakan untuk peluncuran yang sukses. Namun akuisisi bukanlah yang mereka cari.

Namun Jobs kembali beberapa bulan kemudian dan mereka menjual Siri ke Apple pada bulan April 2010 sebesar lebih dari 200 juta US dolar menurut sebuah laporan. Kemudian Cheyer bekerja di perusahaan Apple selama lebih kurang satu setengah tahun dan menciptakan versi Siri yang sekarang ditemukan di perangkat iPhone.

Tidak hanya Apple, Cheyer juga mendekati salah satu pendiri Viv Labs, sebuah perusahaan bantuan kecerdasan buatan yang diakuisisi Samsung pada tahun 2016 sebesar 215 juta US dolar.

Tidaklah salah kalau kita menganggap Cheyer sebagai seorang wirausahawan yang sukses. Dia sudah membuktikan bahwa dia tahu cara mendirikan perusahaan yang sukses. Dan simak nasihatnya mengenai – 4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses berikut ini.

4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses

1. Ide Yang Ambisius
Menurut Chayer ide tersebut harus cukup besar dan ambisius. Harus ada pasarnya dan merupakan sesuatu yang dibutuhkan orang atau sesuatu yang Anda dapat meyakinkan orang bahwa mereka akan memerlukannya.

2. Tim Yang Tepat
Meluncurkan suatu usaha rintisan yang sukses, Anda harus mempunyai rekan se-tim yang tepat. Anda tidak dapat mengerjakan semuanya sendiri. Untuk mendirikan sebuah perusahaan, Anda memerlukan sekumpulan keahlian yang berbeda.

Menurut Cheyer ada empat komponen yang penting. Setiap usaha rintisan memerlukan seorang visioner yang dapat berpikir secara besar; ahli pengembangan produk yang dapat mewujudkan suatu ide menjadi suatu daftar yang dapat ditindaklanjuti; ahli pemasaran yang dapat mengkomunikasikan ide tersebut ke dunia; dan orang yang dapat mengeksekusi ide tersebut.

3. Modal Orang Lain
Karena Anda yang mempunyai ide, Anda berada sangat dekat dengan ide tersebut sehingga Anda tidak dapat menjadi hakim yang baik akan seberapa berharganya ide Anda. Untuk menguji apakah ide itu berharga atau tidak maka Anda harus meyakinkan orang lain agar bisa mendanai usaha rintisan Anda. Demikian penjelasan Cheyer.

4. Eksekusi Yang Mengerikan
“Semuanya tentang eksekusi. Dan apakah artinya eksekusi? Eksekusi berarti Anda hanya memiliki waktu dan sumber dana yang terbatas, maka Anda harus membuat keputusan yang tepat,” tutur Cheyer.

Ungkapan Steve Jobs yang terkenal adalah: “Sebenarnya saya sama bangganya akan hal yang belum kami lakukan dan yang sudah kami lakukan. Inovasi mengatakan tidak pada 1000 hal.” Cheyer sepakat dengan ungkapan tersebut bahwa mengatakan tidak sama pentingnya dengan apa yang Anda kejar secara agresif.

Cheyer menjelaskan bahwa setiap keputusan yang dibuat untuk memilih melakukan suatu hal berarti Anda sudah memilih untuk tidak melakukan banyak hal yang lain. “Setiap keputusan yang Anda buat akan berdampak terhadap apa yang Anda akhiri dan bagaimana Anda sampai ke sana.”

Demikian -4 Kunci Membangun Bisnis Yang Sukses menurut Adam Cheyer, semoga bisa menjadi masukan bagi Anda.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Hal Apa Yang Perlu Dipelajari Di Tempat Kerja – Yunior Terhadap Senior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download