Simak 5 Hal Cerdas Bagaimana Membelanjakan Uang Di Usia 30

Simak 5 Hal Cerdas Bagaimana Membelanjakan Uang Di Usia 30

Simak 5 Hal Cerdas Bagaimana Membelanjakan Uang Di Usia 30 

5 Hal Cerdas Bagaimana Membelanjakan Uang Di Usia 30  – Pada saat usia 20 an, wajar apabila Anda masih ingin bersenang-senang dengan uang Anda, namun pada saat Anda mencapai usia 30 an, ada baiknya Anda mulai memperketat keuangan Anda. Alasannya Anda hampir mendekati usia di mana Anda akan mendapatkan puncak penghasilan, jadi sebaiknya Anda menggunakan uang Anda seefektif mungkin.

5 Hal Cerdas Membelanjakan Uang Di Usia 30

 

Agar keuangan Anda mandiri dan terkontrol sebelum usia 40, simak -5 hal cerdas bagaimana membelanjakan uang di usia 30 berikut ini.

1. Meningkatkan Simpanan Anda
Sudah saatnya Anda menyisihkan gaji bulanan Anda untuk rencana Anda setelah usia 40. Semakin banyak Anda dapat menyisihkannya semakin baik. Paling tidak Anda mampu mendapatkan penghasilan sebanyak gaji yang Anda dapatkan saat ini. Istilahnya uang gratis yang Anda dapatkan.

Apabila kebiasaan tersebut sudah terbentuk Anda akan terbiasa untuk terus meningkatkan kebiasaan menyisihkan uang secara konsisten baik itu tiap enam bulan maupun pada akhir tahun ketika Anda mendapatkan bonus atau kenaikkan gaji.

Carilah layanan keuangan secara online untuk mengetahui seberapa besar Anda dapat mendapatkan “bunga secara otomatis”. Anda bisa memilih persentasi yang Anda inginkan, seberapa banyak dan sering Anda harus meningkatkan simpanan. Dengan cara ini Anda akan teringat terus untuk menambah simpanan Anda dan katakan pada diri sendiri untuk menyisihkan simpanan lebih besar lagi.

2. Membuka Lebih Dari Satu Rekening Pensiun.
Menyisihkan uang dari gaji sebelum usia 40 tahun adalah awal yang bagus, tetapi beberapa ahli keuangan mengatakan mungkin tidak akan cukup untuk mendanai masa depan Anda. Sangat cerdas untuk mencari simpanan pensiun alternatif yang lain seperti asuransi kesehatan, tabungan pensiun dan sebagainya.

Camkan dalam pikiran Anda bahwa untuk mandiri secara keuangan di usia pensiun, paling tidak simpanan Anda berjumlah tiga kali gaji Anda pada umur 40 tahun. Tetaplah memantau tabungan pensiun Anda untuk mencapai jumlah tersebut.

3. Membuka Rekening Investasi
Investasi adalah cara yang paling efektif untuk mendapatkan uang. Berlawanan dengan pepatah yang mengatakan bahwa Anda tidak memerlukan banyak uang untuk menjadi kaya.

Saat ini banyak layanan-layanan perbankan dan asuransi dan lembaga keuangan lainnya yang diperuntukkan untuk investasi.

4. Menetapkan Tujuan Menabung Untuk Kebutuhan Mendatang
Anda tidak akan dapat sampai ke tujuan apabila tidak tahu apa yang Anda inginkan. Pikirkan masa depan seperti apa yang Anda inginkan kemudian wujudkan dengan jalan menabung. Mungkin Anda ingin membeli rumah? Kuliah Pascasarjana? Jalan-jalan ke luar negeri?

Setelah itu perhitungkan jumlah yang ingin Anda tabung untuk kebutuhan mendatang tersebut dan perlu waktu sampai kapan? Kemudian mulailah sisihkan sejumlah uang setiap minggu atau bulannya.

5. Menyiapkan Dana Darurat
Hidup itu tidak selalu berjalan seperti yang direncanakan. Bisa saja Anda kehilangan pekerjaan, butuh biaya berobat atau biaya untuk memperbaiki mobil. Sangatlah penting mempunyai dana cadangan.

Situasi tiap orang berbeda namun seperti yang disarankan para pakar penting untuk memiliki tiga sampai enam bulan kali gaji sebagai tabungan. Pertimbangkan jenis tabungan yang cukup menghasilkan seperti deposito, investasi saham dan surat berharga.

Semoga Anda terinspirasi setelah membaca -5 hal cerdas bagaimana membelanjakan uang di usia 30, sehingga Anda mandiri secara keuangan dan berbahagia di usia pensiun kelak.

Sumber Ide: CNBC News

Baca juga: Menjadi Sukses Tidak Selalu Harus Banyak Harta – Benarkah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download