Alasan Berat Badan Tidak Turun-Turun Meski Sudah Rajin Berolahraga

Alasan Berat Badan Tidak Turun-Turun Meski Sudah Rajin Berolahraga

Alasan Berat Badan Tidak Turun-Turun Meski Sudah Rajin Berolahraga – Memikirkan -alasan berat badan tidak turun-turun memang terkadang membuat frustrasi terutama bagi kaum hawa. Olahraga teratur? Sudah. Mengatur pola makan? Sudah juga. Tetapi mengapa berat badan tidak turun-turun? Atau turun sedikit kemudian mandek? Mungkin beberapa faktor yang selama ini tidak terpikirkan oleh Anda boleh jadi menjadi -alasan berat badan tidak turun-turun.

Alasan Berat Badan Tidak Turun-Turun Meski Sudah Rajin Berolahraga

 

Pada dasarnya berat badan akan turun apabila asupan kalori lebih rendah dibandingkan dengan aktivitas fisik yang Anda lakukan. Berat badan akan akan berkurang apabila kalori yang terbakar lebih banyak dibandingkan dengan yang masuk. Terjadinya defisit kalori inilah yang menyebabkan berat badan berkurang.

Mau tahu kemungkinan-kemunngkinan apa saja yang menyebabkan -alasan berat badan tidak turun-turun? Mari kita simak berikut ini.

1. Massa otot
Banyak teman saya yang tiap hari rajin berolahraga di pusat kebugaran tubuh mengeluh – berat badan tidak turun namun kalau diperhatikan lekuk badannya terlihat lebih padat dan ramping. Dan dia juga mengatakan bahwa sebenarnya sebagian pakaiannya terasa longgar-longgar.

Pada saat inilah massa lemak dalam tubuh Anda berkurang dan digantikan dengan massa otot. Tentunya hal ini merupakan hal yang baik karena tujuan berolahraga bukan hanya menurunkan berat badan namun terutama menghilangkan lemak dalam tubuh Anda

Ada baiknya Anda mengukur lingkar pinggang Anda sebulan sekali untuk mengetahui kemajuan pengurangan lemak dalam tubuh Anda.

Ukuran kebugaran sebetulnya bukan terletak pada berat badan namun lebih kepada seberapa banyak presentasi lemak dibandingkan dengan otot dan jaringan lainnya dalam tubuh Anda.

Jadi jangan buru-buru panik dan frustrasi apabila – berat badan tidak turun walaupun sudah rajin berolahraga ya.

2. Terlalu Banyak Makan Kalori
Pikiran yang salah adalah boleh makan sebanyak-banyaknya karena sudah merasakan cukup berolahraga. Bisa juga makannya sedikit namun mengandung kalori yang cukup tinggi. Banyak orang cenderung meremehkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Asupan makan yang tidak seimbang inilah yang membuat -alasan berat badan tidak turun-turun.

Alasan Berat Badan Tidak Turun-Turun Meski Sudah Rajin Berolahraga

Cobalah melacak kandungan kalori pada makanan Anda untuk sementara waktu. Kebutuhan kalori pada pria lebih banyak daripada wanita. Untuk kegiatan sedang pada normalnya pria membutuhkan paling tidak 2000 kalori per hari. Sedangkan wanita sekitar 1500 kalori per hari.

Supaya tidak kelebihan kalori hitunglah seberapa besar porsi makanan yang seharusnya dan pikirkanlah seberapa banyak yang Anda harus makan.

3. Kurang Aktifitas
Banyak orang mengklaim sudah melakukan olahraga teratur 30 menit per hari selama seminggu tetapi – berat badan tidak turun. Ya benar Anda sudah berolahraga teratur namun setelah itu duduk seharian tanpa melakukan aktifitas fisik apa pun.

Keadaan diam dalam waktu yang cukup panjang akan berpengaruh pada laju metabolisme tubuh Anda. Ketika metabolisme melambat, maka akan lebih cepat terjadinya penumpukan lemak dan akhirnya berat badan bukannya turun tetapi malah meningkat.

4. Kurang Asupan Protein
Protein dibutuhkan untuk pembentukan otot dan jaringan lainnya dalam tubuh. Tanpa protein tubuh tidak dapat membangun atau memperbaiki jaringan sehingga metabolisme tubuh akan melambat. Otomatis pembuangan lemak pun akan melambat.

Alasan Berat Badan Tidak Turun-Turun Meski Sudah Rajin Berolahraga

Makanan yang cukup mengandung protein juga terbukti akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Usahakan pada waktu sarapan, makanan Anda mengandung protein yang cukup tinggi sehingga hasrat untuk makan sepanjang harinya juga akan berkurang. Efek kenyang ini juga akan menghindarkan Anda dari keinginan-keinginan untuk ngemil.

5. Kurang Minum Air Putih
Minum banyak air putih tidak akan membuat Anda menjadi gemuk malah akan membantu menurunkan berat badan Anda. Minumlah 1-2 gelas air putih 1-2 jam sebelum makan siang maupun malam. Air putih yang diminum akan menimbulkan rasa kenyang dengan demikian akan mengurangi asupan makanan Anda.

Selain itu tubuh membutuhkan air putih untuk mencerna makanan dan menyerap lemak. Kurang minum air putih akan menyebabkan gangguan pencernaan dan distribusi lemak yang kurang. Untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh minumlah minimal 8 gelas perhari.

Nah setelah Anda mengetahui mengapa – alasan berat badan tidak turun-turun semoga Anda tidak saja mendapat tubuh yang bugar namun berat badan Anda juga berkurang dengan rajin berolah raga secara rutin dan teratur.

 

Baca juga: Cara Langsing Yang Aman Tanpa Harus Diet Super Ketat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download