Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas – Simak 7 Tips Berikut Ini

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas – Simak 7 Tips Berikut Ini

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas – Simak 7 Tips Berikut Ini

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas – Apakah Anda adalah seseorang yang ingin agar sebagian besar waktu Anda bermanfaat? Orang sukses yang Anda kagumi tampaknya selalu tahu apa yang harus dilakukan dan kapan. Bagaimana caranya agar Anda bisa mencapai puncak produktifitas Anda? Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas – Simak 7 tips berikut ini.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas

1. Memahami Seni Membuat Daftar Tugas
Membuat catatan kecil tentang tugas-tugas yang akan dilakukan pada hari itu tetap merupakan sarana penting yang dilakukan kebanyakan pebisnis sukses dunia.

Alex Cavoulacos, COO dari The Muse menyarankan untuk mengikuti 1-3-5 aturan. Persempit tugas Anda menjadi sembilan pokok saja: satu yang paling besar, tiga medium dan lima yang lebih kecil.

Apabila Anda sudah menyelesaikan tugas Anda termasuk yang paling kecil, coretlah dan nikmati rasa lega karena sudah menyelesaikan tugas tersebut. Tuliskan perkiraan waktu di samping tugas-tugas medium dan lebih kecil untuk memacu diri Anda sendiri. Beri tanda pada tugas-tugas yang sudah Anda mulai namun perlu diselesaikan kemudian.

Apabila Anda belum menyelesaikan daftar tugas dalam sehari atau dua hari, buanglah daftar tugas yang lama dan buat yang baru. Dengan demikian Anda akan tetap fokus pada prioritas Anda.

Jangan terburu-buru menulis daftar tugas Anda karena perencanaan yang cermat akan menghemat waktu kemudian. Tetaplah fokus untuk menyelesaikannya secara bertahap dengan memberikan hasil yang besar. Selalu ingat bawah tujuan akhir yang Anda bayangkan tidak akan berhasil sekaligus.

2. Tahu Kapan Harus Berkata “Tidak”
James Altucher, pengarang buku “Choose Yourself”, mengatakan bahwa, “Setiap kali Anda berkata ‘ya’ pada sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan, hal inilah yang akan terjadi: Anda akan menyuruh orang lebih dari sekali, Anda akan melakukan pekerjaan dengan tidak baik, Anda akan kurang bersemangat untuk melakukan pekerjaan yang sebelumnya berhasil baik, pendapatan Anda akan berkurang dan satu lagi sebagian kecil hidup Anda akan sia-sia, dan lenyap. Yang menandakan, ‘Saya akan melakukannya lagi.'”

Jangan asal tahu prioritas Anda tetapi juga lindungi prioritas tersebut. Katakan “tidak” pada hal-hal yang Anda rasa tidak terlalu penting. Seringkali Anda merasa kurang produktif karena Anda tidak memprioritaskan pekerjaan utama.

3. Tahu Kapan Harus Berkata “ya”
“Tanpa pikiran yang terbuka, Anda tidak dapat mencapi sukses besar.”-Martha Stewart

Apabila berkata “tidak” akan memusatkan enerji pada prioritas Anda, namun pada tahap untuk menerima ide-ide baru dalam karir Anda, sangat penting untuk menyelaraskan atau memperbaharuinya terus. Banyak cara pemasaran yang sukses dan inovatif telah dikembangkan berdasarkan prinsip ‘bukan ide yang buruk’. Pada saat Anda berusaha mengurangi gangguan-gangguan kerja Anda, keterbukaan akan-akan solusi-solusi yang kreatif merupakan sarana yang berharga untuk dipertahankan.

4. Tetap Menggunakan Jurnal Harian.
Beberapa wanita dan pria sukses menggunakan jurnal harian dengan alasan-alasan yang jelas.
Dengan menulis akan menjelaskan dan mewujudkan pemikiran-pemikiran Anda. Solusi-solusi yang tersembunyi akan muncul sendiri. Bahkan dengan meluangkan waktu untuk menggambarkan gangguan-gangguan akan menolong Anda untuk mendapatkan solusi.

Apabila Anda tidak tahu apa yang harus ditulis, pasang pengatur waktu lima menit dan menulislah dengan bebas. Maka Anda akan dibawa pada hal yang paling penting bagi Anda.

5. Segera Mulai
Jangan pernah mengabaikan rencana dan pada saat Anda mempunya ide yang menarik segera wujudkan sedapat mungkin. Orang yang produktif tidak hanya berteori, namun juga mengerjakannya.

6. Pisahkan Kerja Dan Kehidupan Pribadi
Usahakan untuk tidak menghabiskan waktu di tempat kerja di luar minat Anda atau dengan mengantisipasinya akan melakukannya kemudian. Seperti membawa pekerjaan ke rumah. Kehidupan di luar seharusnya tetap memberikan energi agar Anda sedapat mungkin melakukan yang terbaik di tempat kerja. Pada banyak kasus terbukti apabila Anda produktif di tempat kerja maka Anda tidak akan menggunakan waktu pribadi Anda di rumah untuk mengisi kesenjangan tersebut.

Belajarlah untuk tidak menyolok komputer di rumah. Carilah acara TV yang menarik yang membuat Anda lebih santai dan kreatif. Hal ini baik bagi Anda di rumah maupun di tempat kerja.

7. Belajar Tentang Belajar
Dalam jaman serba cepat sekarang ini, teknologi yang digerakkan masyarakat dan kemampuan beradaptasi semakin penting untuk meraih sukses. Produktifitas tergantung dari kecerdasan kita dalam menggunakan teknologi untuk efisiensi.

Cara terbaik untuk mempersiapkan Anda pada perubahan ini adalah membekali otak Anda dengan menambah pengetahuan. Membaca buku dan blog adalah salah satunya. Belajar membaca cepat dan mengingat akan meningkatkan produktifitas pada berbagai tugas yang Anda hadapi.

Gunakan tujuh tips tentang -Apa Saja Yang Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Produktivitas Anda. Pada saat Anda berpikir dengan jalas, hati-hatilah dengan pilihan dan prioritas Anda, tetap cerdas menyikapi organisasi tempat Anda bekerja, maka Anda akan mendekati sukses.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Tahukah Anda 3 Hal Apa Yang Akan Mengubah Dunia – Menurut Bill Gates

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download