Apa Yang Perlu Dihindari Pada Waktu Menggunakan Tabir Surya – Simak Tujuh Kesalahan Berikut Ini

Apa Yang Perlu Dihindari Pada Waktu Menggunakan Tabir Surya – Simak Tujuh Kesalahan Berikut Ini

Apa Yang Perlu Dihindari Pada Waktu Menggunakan Tabir Surya – Simak Tujuh Kesalahan Berikut Ini

Apa Yang Perlu Dihindari Pada Waktu Menggunakan Tabir Surya – Menggunakan tabir surya pada saat Anda keluar rumah, apalagi apabila Anda berkegiatan di bawah sinar matahari adalah suatu keharusan. Agar penggunaan tabir surya tidak sia-sia maka Anda perlu memperhatikan hal -apa yang perlu dihindari pada waktu menggunakan tabir surya.

Menurut studi yang dipublikasikan di surat kabar Akademi Dermatologi Amerika, ada beberapa kesalahpahaman yang lumrah terjadi tentang penggunaan tabir surya. Hal ini bukan hanya berarti bahwa orang tidak secara maksimal dalam hal melindungi kulit mereka namun bahkan dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit karena sinar ultraviolet yang terpapar dari sinar matahari.

Apa Yang Perlu Dihindari Pada Waktu Menggunakan Tabir Surya

Berikut ini adalah tujuh kesalahpahamaan dan kesalahan yang lumrah terjadi pada saat mereka menggunakan tabir surya.

1. Tidak memperhatikan kandungan pada produk tabir surya.
Matahari memancarkan sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB), keduanya memiliki dampak yang berbahaya ke kulit. Kalau UVB dapat merusak permukaan kulit, yaitu menyebabkan kemerahan atau terbakar, sedangkan UVA tingkat merusaknya semakin tinggi karena dapat merusak DNA. Dampak ekstrim terpapar sinar UVA dapat menyebabkan kulit kasar dan keriput dan dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

UVB ditahan oleh SPF atau faktor pelindung simar matahari, sedangkan UVA ditahan oleh PA. Karena itu sangatlah penting menggunakan tabir surya yang mempunyai kandungan kedua unsur tersebut. Baik SPF maupun PA merupakan ukuran dari tabir surya, semakin tinggi angkanya, semakin besar perlindungan yang diberikan oleh produk tabir surya tersebut.

2. Hanya Menggunakan Tabir Surya Apabila Melakukan Kegiatan Di Luar
Seringkali orang hanya menggunakan tabir surya apabila berkegiatan di luar. Namun tahukah Anda bahwa berada di ruangan yang sepertinya terlindung tidak menjamin Anda akan terlindung sepenuhnya dari paparan sinar matahari yang berpotensi merusak? Kaca jendela mungkin masih dapat menahan pancaran UVB tetapi UVA tetap dapat menembus kaca jendela dalam suatu ruangan.

“UVA mempunyai gelombang yang lebih panjang. UVA tidak menyebabkan terbakar, tetapi dapat masuk ke kulit lebih dalam dan dapat menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit,” kata doker Fredi Setiawan, penemu Grup Natasha, Klinik Perawatan Kulit.

3. Hanya Menggunakan Tabir Surya Ketika Panas Di Luar.
Biasanya orang berasumsi bahwa tidak perlu menggunakan tabir surya apabila cuaca di luar mendung. Apabila matahari tidak tampak maka sinarnya tidak merusak bukan? Itu salah.

Mungkin awan akan mengurangi intensitas sinar matahari yang tampak, namun tidak menghalangi sinar ultraviolet. “Sekali lagi sinar UVA dapat menembus awan, karena walau mendung kulit masih bisa terpapar UVA,” papar dr. Fredi.

4. Menggunakan Tabir Surya Sudah Terlambat Atau Terlalu Hemat.
Kebanyakan orang menghindari menggunakan tabir surya terlalu tebal karena menyebabkan kulit terasa lengket atau menyebabkan rasa tidak nyaman. Menggunakan tabir surya terlalu sedikit akan mengurangi perlindungan terhadap kulit Anda. Ingatlah bahwa ada beberapa pilihan produk tabir surya dengan formula yang tidak lengket sehingga dapat melindungi kulit Anda tanpa menyebabkan rasa tidak nyaman. Pilihlah jenis yang cocok buat Anda.

Terlebih lagi beberapa orang memiliki kebiasaan hanya menggunakan tabir surya setelah kulit mulai terasa hangat. Hal ini salah, gunakan tabir surya paling tidak 15 menit sebelum terpapar sinar matahari sehingga formula di dalamnya dapat memberikan lapisan perlindungan.

5. Tidak Menggunakan Tabir Surya Secara Menyeluruh
Sudahkah Anda yakin bahwa Anda mengoleskan tabir surya secara menyeluruh di kulit yang mungkin terpapar sinar matahari? Sebuah studi yang dipublikasikan oleh surat kabar Akademi Dermatologi Amerika menemukan bahwa hanya 30 persen orang mengoleskan tabir surya secara menyeluruh. Seringkali orang lalai bagian seperti kelopak mata, belakang telinga, daerah yang tidak ditumbuhi rambut dan di bawah bibir.

Area ini merupakan permukaan yang sangat rentan terusak oleh sinar ultraviolet. Misalnya, surat kabar Penelitian Antikanker memperkirakan bahwa 80 persen kanker bibir terjadi karena bibir bagian bawah terpapar sinar matahari. Untuk bagian ini gunakan pemerah bibir yang mengandung SPF.

6. Menggunakan Tabir Surya Hanya Sekali Sehari
Pada saat kita berkegiatan di luar, seringkali kita lupa mengoleskan ulang tabir surya. Ingat bahwa tabir surya tidak bertahan sepanjang hari. Pastikan mengoleskan ulang tabir surya setiap 2-3 jam apabila di bawah paparan sinar matahari. Hal ini sangat penting terutama apabila kita terkena air, misalnya pada saat kita beraktifitas di kolam atau pantai.

7. Hanya Mengandalkan Tabir Surya Untuk Perlindungan
Banyak orang berasumsi bahwa dengan menggunakan tabir surya, kulit Anda akan mendapatkan perlindungan yang cukup dari sinar yang merusak. Menggunakan tabir surya mungkin salah satu tahap yang penting untuk memastikan kulit Anda terlindungi, tetapi jangan lupa menggunakan perlengkapan lain untuk melindungi tubuh Anda seperti memakai topi dan kacamata hitam.

Semoga kulit Anda terlindungi dengan aman setelah Anda memahami -apa yang perlu dihindari pada waktu menggunakan tabir surya.

Sumber: CNBC News

Baca juga:  Yang Perlu Anda Perhatikan Pada Waktu Membeli Produk Tabir Surya – Simak Lima Hal Penting Berikut Ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download