Tahukah Anda Awal Mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook?

Tahukah Anda Awal Mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook?

Tahukah Anda Awal Mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook?

Awal Mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook-Tidak dapat dipungkiri hampir semua pasti tahu apa salah satu media sosial yang bernama Facebook. Menurut data yang dirilis tahun 2017 Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Facebook keempat terbesar di dunia. Hampir 130 juta jiwa dari rakyat Indonesia menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan teman maupun kerabatnya. Wow…tentunya ini bukan angka yang main-main. Artinya 50% rakyat Indonesia adalah pengguna aktif Facebook.

Pastinya semua mengenal Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook namun tahukah Anda –awal mula Mark Zuckerberg mendirikan Facebook? Kalau pengen tahu nama lengkapnya adalah Mark Elliot Zuckerberg, lahir di Amerika 34 tahun yang lalu. Mari kita simak cerita lengkapnya.

Awal Mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook

Ternyata si Mark ini sudah berprestasi sejak di sekolah menengah pertama. Dia mendapatkan penghargaan dalam bidang matematika, astronomi, dan fisika. Dia juga mahir berbahasa Perancis, Ibrani, Latin dan Yunani Kuno.

Dia sudah menggeluti dunia komputer dan perangkat lunak sejak duduk di sekolah menengah pertama. Saat di sekolah menengah atas, dia bekerja di perusahaan yang bernama Intelligent Media Group dan menciptakan perangkat pemutar musik yang diberi nama Synapse Media Player.

Pada saat kuliah di Harvard dia sudah mendapat julukan programer ajaib. Mata kuliah yang diambilnya adalah Psikologi dan Ilmu Komputer. Dia sudah menciptakan beberapa aplikasi teknologi di tahun kedua kuliah. Salah satunya adalah yang diberi nama Facemash. Situs ini memungkinkan teman-temannya memilih orang yang paling cakep dari kumpulan sejumlah foto. Menurut teman sekamarnya, Arie Hasit, dia menciptakan situs tersebut hanya untuk senang-senang saja.

Berawal dari buku wajah atau Facebook yang memuat nama dan foto para mahasiswa yang tinggal di asrama. Dari situ Mark membuat situs dan menempatkan dua foto mahasiswa atau mahasiswi secara berdampingan dan meminta para pengguna siapa yang paling tampan atau seksi. Kemudian dibuat peringkat berdasarkan jumlah suara yang masuk.

Ternyata situs tersebut sangat disukai para mahasiswa, sayangnya hanya berumur sampai akhir pekan karena pada hari Senin pihak universitas menutupnya karena popularitasnya sudah mengganggu salah satu server Harvard yang membuat para mahasiswa gagal mengakses internet. Banyak juga mahasiswa yang protes karena fotonya dimuat tanpa ijin. Mereka segera menerbitkan tulisan bahwa situs itu “sangat tidak patut”. Mark segera meminta maaf.

Semester berikutnya yaitu Januari 2004, Mark membuat situs baru. Dan meluncurkannya pada tanggal 5 Februari 2004 dengan nama “Thefacebook.

Awal Mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook

Enam hari setelah diterbitkan tiga senior Harvard, menuduh Mark alih-alih menolong mereka membuat sebuah layanan jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, malahan dengan sengaja mencuri ide mereka dan menciptakan situs tandingan. Kemudian ketiga senior tersebut melapor kepada Harvard Crimson yang merupakan surat kabar terbitan Harvard dan segera menindaklanjuti laporan tersebut.

Ketiga senior tersebut melakukan gugatan secara hukum kepada Mark dan menghasilkan kesepakatan yaitu mendapatkan saham Facebook sebesar 1,2 juta US dolar.

Mark meninggalkan bangku kuliah untuk menyelesaikan proyeknya. Pada tanggal 28 Mei 2017 Mark mendapatkan gelar kehormatan dari Harvard.

“Saya ingat betul waktu sambil makan pizza bersama teman yaitu satu atau dua hari setelah saya membuka Facebook versi pertama, saya berpikir seseorang perlu menciptakan layanan jejaring sosial semacam ini untuk seluruh dunia. Saya tidak menyangka bahwa kamilah orang yang sudah melakukan hal tersebut. Kami telah menaruh perhatian lebih pada hal yang tak terpikirkan sebelumnya.”

Itulah cerita sekilas -awal mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook.

Sumber: Wikipedia

 

Baca juga: Tips Mengecek Berita Hoax Atau Bukan Yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download