Benarkah Tidak Perlu Sekolah Untuk Memulai Bisnis? – Apa Kata Tim Chen

Benarkah Tidak Perlu Sekolah Untuk Memulai Bisnis? – Apa Kata Tim Chen

Benarkah Tidak Perlu Sekolah Untuk Memulai Bisnis? – Apa Kata Tim Chen

Benarkah Tidak Perlu Sekolah Untuk Memulai Bisnis? – Sebaiknya Anda tidak mengartikannya secara harifiah judul artikel ini. Namun yang dimaksud ‘tidak perlu sekolah’ di sini adalah banyak hal lain yang tidak diajarkan sekolah ketika Anda sedang memulai dan menekunini bisnis. Pendidikan pastinya tetap diperlukan. Mari kita ikuti pendapat Tim Chen berikut ini.

Tim Chen seorang wirausahawan dan miliader berumur 35 tahun, penemu dan CEO situs keuangan pribadi Nerdwallet, memberikan nasihat terbaiknya buat seseorang yang akan memulai bisnis yaitu melihat lebih jauh daripada yang didapat di sekolah, paparnya kepada CNBC Make It. Ketika sedang memulai suatu bisnis’Sekolah membuatmu sangat bodoh’, pendapatnya.

Benarkah Tidak Perlu Sekolah Untuk Memulai Bisnis?

Chen seorang lulusan Stanford yang memulai perusahaan yang bernilai 500 juta US dolar dengan modal sebesar 800 US dolar saja berpendapat, “sekolah membuatmu sangat bodoh dalam hal ingin mendirikan perusahaan yang sukses.”

Simak alasannya, -Benarkah tidak perlu sekolah untuk memulai bisnis?
“Karena sekolah akan menentukan tolak ukur yang sempit pada bidang di mana Anda ingin sukses,” papar Chen. Dia berpikir sekolah lebih menekankan pentingnya untuk mengikuti ujian-ujian sebagai tantangan kepada para murid’ agar berpikir secara kreatif.

“Alasan mendasar inilah yang membuat banyak murid pintar tercuci otaknya pada waktu menjadi pengusaha dan tidak mampu memecahkan masalah dengan baik,” tambah Chen.

Sekolah dapat menjadi “umpan balik yang terburuk di dunia,” pungkas CEO NerdWallet ini. Hal ini karena para murid sudah dilatih untuk melihat kesuksesan pada sehelai kertas ujian hitam di atas putih daripada melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar.

“Apabila Anda melihat kegagalah hanya sebatas, ‘Oh menarik juga ya? Kenapa ya kok gagal?’ Kemudian Anda akan segera merasa lebih baik,” papar Chen.

Namun pada saat Anda memulai suatu bisnis dan memandang setiap rintangan atau kemunduruan seperti ujian yang gagal maka Anda mungkin berpikir: “‘Pasti ini karena saya buruk pada mata pelajaran tersebut atau soal-soal itu memang sangat sulit.’ Dan kemudian apabila tidak berusaha memperbaikinya dan akan dipastikan bahwa Anda gagal pada saat itu.”

Kenyataannya banyak mahasiswa putus kuliah dari perguruan tinggi ternama yang menjadi miliader seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Dan banyak orang ternama lain mempertanyakan apakah sekolah mengajarkan kalian tentang apa yag anda butuhkan agar sukses di bisnis. Kebanyakan orang seperti Chen, miliader Inggris dan penemu Virgin Group, Richard Branson telah mengkritik panduan ujian sekolah yang kaku. “Anak-anak diajarkan untuk lulus ujian daripada memahami konsep dan mengembangkan pikiran mereka,” tulis Branson di blognya.

Investor miliader Warren Buffet and penemu Apple Steve Wozniak keduanya juga bersikukuh bahwa banyak hal yang dipelajari di luar kuliah.

“Pendidikan terbaik yang Anda dapatkan adalah investasi Anda. Namun pendidikan tidak hanya akademi atau universitas,” tutur Buffet.

Sementara itu miliader Tesla dan SpaceX, Elon Musk merasa kuatir dengan sistem pendidikan di Amerika, sehingga ia mendirikan sekolah dasar di California Selatan untuk kelima anaknya.

Namun demikian, pimpinan NerdWallet, Chen, percaya “sepenuhnya” bahwa tetap penting bersekolah.
“Karena di sana Anda dijarkan ketrampilan-ketrampilan dasar,” tuturnya. Bahkan Bill Gates yang putus kuliah dari perguruan tinggi ternama mengatakan angka putus kuliah di perguruan tinggi Amerika sangat tinggi. “Tragis,” akibatnya negara akan kekurangan tenaga kerja yang terampil.

Namun dibalik cerita sukses wirausahawan jutawan dan miliader yang putus kuliah, rata-rata lulusan perguruan tinggi tetap akan mendapatkan lebih banyak kesempatan kerja dan pendapatan yang lebih banyak daripada yang tidak lulus. Kenyataannya suatu studi tahun 2017 yang meneliti latar belakang pendidikan 11.700 orang “pimpinan”, mulai dari CEO Fortune 500 sampai anggota Kongres, menemukan bahwa 94 persen dari mereka adalah lulusan perguruan tinggi.

Apakah Anda setuju dengan Chen-benarkah tidak perlu sekolah untuk memulai bisnis?

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Ketakutan Untuk Memulai Bisnis – Menurut Bill Gates

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download