Percayakah Anda Kalau Bill Clinton Berhutang 16 Juta US Dolar Ketika Meninggalkan Gedung Putih?

Percayakah Anda Kalau Bill Clinton Berhutang 16 Juta US Dolar Ketika Meninggalkan Gedung Putih?

Percayakah Anda Kalau Bill Clinton Berhutang 16 Juta US Dolar Ketika Meninggalkan Gedung Putih?

Bill Clinton Berhutang 16 Juta US Dolar – Sangat tidak bisa dipercaya kalau Presiden Amerika sekaliber Bill Clinton meninggalkan hutang sebesar 16 juta US dolar ketika keluar dari Gedung Putih. Tetapi itu benar karena Bill sendiri yang mengatakannya kepada Craig Melvin dari CNBC pada sesi wawancara mengenai skandalnya dengan Monica Lewinsky. Simak kisahnya bagaimana Bill Clinton berhutang 16 juta US dolar.

Bill Clinton Berhutang 16 Juta US Dolar

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Gajinya yang sebesar 200 ribu US dolar tidak ada artinya karena harus membayar para pengacara untuk memenangkan perkaranya. Belum lagi biasa untuk menangani proses pemakzulan dirinya serta tindakan untuk menangguhkan lisensi hukumnya di Arkansas. Demikian pengakuan Presiden Amerika ke-42 tersebut yang telah menyelesaikan tugas kepresidenannya pada tahun 2001.

Ia bersama istrinya Hillary keluar dari Gedung Putih dengan kebangkrutan. Namun tiga tahun berselang yaitu pada tahun 2004, hutangnya terlunaskan. Dan pada saat Hillary maju sebagai kandidat Presiden, kekayaannya diperkirakan sebesar 45 juta US dolar.

Pasangan tersebut mengumpulkan jutaan dolar sebagai pembicara dan penjualan buku-buku yang sangat menguntungkan. Setahun setelah tidak menjadi Presiden, Bill telah menjadi pembicara sebanyak 57 kali dan telah mendapatkan uang sebesar 13,7 juta US dolar melalui tulisan maupun pidatonya.

Pada tahun yang sama Hillary dilaporkan telah mendapatkan penghasilan sebesar 2,9 juta US dolar dari uang muka pembayarkan bukunya yang berjudul “Living History” sebesar 8 juta US dolar. Bill mendapatkan uang muka sebesar 10 juta US dolar dari bukunya “MY Life.” Tahun 2001 adalah awal kebangkitan mereka. Kedua mantan politisi tersebut mengumpulkan lebih dari 153,7 juta US dolar sebagai pembicara dalam rentang waktu 2001 – 2015.

Sudah tentu Clinton adalah bukan pasangan orang sembarangan karena posisinya, namun kita dapat meniru cara mereka dalam melunasi hutangnya dan fokus pada cara mendapatkan uang meskipun dalam skala kecil seperti kita orang kebanyakan.

Menurut Michelle Schroeder-Gardner, seorang penulis blog keuangan mengatakan bahwa kunci sukses untuk lepas hari hutang secara cepat adalah fokus dalam mengumpulan uang. Cari cara untuk mengumpulkan uang lebih karena tidak ada btasan seberapa besar uang yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan waktu luang Anda.

Lauren Bowling, seorang penulis buku dan blog keuangan memiliki cara pandang yang sama. Menabung itu baik tapi menghabiskan waktu berharga Anda hanya untuk memburu diskon lama-kelamaan akan menurunkan tabungan Anda. Pikirkan kerja paruh waktu yang gampang-gampang saja seperti menjadi supir online. Tidak harus membuat bisnis yang membutuhkan modal besar. Cara-cara kecil yang dapat menghasilkan uang tunia merupakan cara yang ampuh untuk melunasi hutang.

Bill Clinton Berhutang 16 Juta US Dolar. Wow….apakah Anda terinspirasi dengan cara-cara Bill Clinton melunasi hutangnya sebesar 16 juta US dolar.

Sumber: CNBC Make it

Baca juga: Tahukah Anda Perbedaan Terbesar Antara Orang Sukses Dan Tidak Sukses – Menurut Penelitian Wirausahawan Amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download