Cara Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Langgeng

Cara Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Langgeng

Cara Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh Agar Tetap Langgeng

Hubungan jarak jauh adalah hubungan yang dijalani pasangan namun dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh bisa antar kota, pulau maupun negara. Hubungan ini dikenal juga dengan sebutan LDR (Long Distance Relationship). Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah pasangan melakukan LDR. Bisa karena faktor tempat tinggal, kuliah maupun kerja. Terjadinya LDR bisa pada awal maupun di tengah-tengah perjalanan sebuah hubungan.

Tentunya melakoni hubungan jarak jauh tidaklah semudah menjalani hubungan biasa pada umumnya. Diperlukan usaha ektra dan kiat-kiat khusus agar LDR bisa tetap langgeng. Banyak pasangan tetap melakoninya walaupun terpisahkan oleh jarak yang cukup jauh, oleh karena komitmen yang kuat pada awalnya.

Sebenarnya inti dari menjalani LDR adalah komitmen dan komunikasi. Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga hubungan jarak jauh agar tetap langgeng.

1. Komunikasi Setiap Hari
Dengan kemajuan teknologi, banyak sekali media komunikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan pasangan dalam menjalankan LDR. Anda bisa melakukan melalui email, media sosial, telepon, Skype, Facetime maupun video call. Carilah waktu yang tepat untuk kedua belah pihak, bisa pada waktu makan siang atau malam sebelum tidur.

Sebaiknya Anda lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas pada saat berkomunikasi. Komunikasi yang intens dan terlalu sering lama kelamaan akan membuat bosan.

2. Saling Yakin
Saling yakin satu dengan lainnya merupakan modal yang sangat kuat dalam menjalin hubungan jarak jauh. Anda harus yakin bahwa pasangan Anda adalah orang yang tepat dan harus yakin bahwa hubungan yang Anda jalani adalah yang tepat saat ini.

3. Saling Terbuka
Diskusikanlah hal-hal yang menyenangkan maupun yang mengganggu Anda dengan pasangan. Anda bisa menanyakan kegiatan sehari-hari pasangan Anda. Dengan saling berdiskusi dan berbagi tentang segala sesuatu dengan pasangan Anda, akan membuat Anda semakin dekat satu sama lainnya dibandingkan sebelumnya.

4. Saling Percaya
Memang dalam setiap hubungan akan ada masa-masa sulit namun dengan mempercayai pasangan Anda akan membuat diri Anda lebih tenang dalam menjalani hubungan. Jika Anda mendengar berita-berita negatif mengenai pasangan Anda, jangan mudah mempercayainya sebelum mengklarifikasinkannya dengan pasangan Anda. Hubungan akan berjalan dengan baik apabila satu dengan yang lainnya saling memiliki kepercayaan yang kuat. Namun kepercayaan di sini harus diiringi dengan logika.

5. Berpikir Positif
Karena terkendala jarak yang jauh seringkali pasangan yang menjalankan LDR dipengaruhi oleh pikiran-pikiran negatif mengenai pasangannya, terlebih bila pasangan Anda yang tadinya setiap hari menelepon terus tiba-tiba suatu hari dia tidak menelepon. Jangan biarkan pikiran-pikiran negatif itu mempengaruhi Anda karena hal tersebut akan semakin memperburuk hubungan Anda. Pikiran-pikiran negatif hanya akan memicu pertengkaran-pertengkaran yang alasannya tidak jelas dan tidak terjadi.

6. Saling Jujur
Jujur dengan apa yang Anda rasakan dan perbuat dan diskusikanlah baik-baik untuk hal yang menjadi permasalahan. Sangat disayangkan dengan komunikasi dan waktu yang terbatas namun Anda tidak mau jujur dan terbuka satu dengan lainnya. Jujur satu dengan yang lainnya akan meningkatkan kepercayaan masing-masing dan dengan demikian akan membuat Anda dan pasangan Anda menghargai waktu yang Anda miliki bersama.

7. Saling Memberi Kejutan-Kejutan Istimewa
Anda bisa saling memberi kejutan-kejutan yang manis dan romantis di momen-momen tertentu. Misalnya pada saat ulang tahun pasangan Anda, hari Valentine maupun hari-hari lainnya. Meskipun di hari-hari istimewa tersebut Anda tidak dapat merayakannya secara langsung bersama pasangan Anda, namun Anda tetap dapat membuatnya bahagia dengan mengirimkan hadiah, bunga, foto, pesan maupun tulisan-tulisan yang romantis. Hal yang kecil dan tidak harus mahal, namun hal tersebut akan membahagiakan pasangan Anda.

8. Saling Memperhatikan
Meskipun hubungan Anda terkendala oleh jarak dan waktu, tetaplah saling memberi perhatian satu dengan lainnya dan hindari sikap egois dan ingin menang sendiri. Sedikit memberi perhatian kecil itu akan sangat menyenangkan pasangan Anda. Anda bisa mengatakan kata-kata yang romantis dan biarkan pasangan Anda mengetahui rasa sayang Anda kepadanya. Manfaatkan hal tersebut pada saat Anda berkomunikasi dengan pasangan Anda.

9. Hindari Sikap Cemburu
Cemburu adalah hal yang wajar dalam setiap hubungan, namun jangan biarkan sikap cemburu tersebut menjadikan Anda bertingkah dan bersikap yang menyebalkan kepada pasangan Anda. Sebaliknya apabila Anda merasa cemburu, cobalah untuk mengatakannya langsung dengan pasangan Anda dengan baik-baik.

10. Saling Memahami
Hubungan jarak jauh seringkali kandas karena tidak adanya rasa saling memahami satu dengan lainnya. Tanamkan rasa saling memahami pada pasangan masing-masing sehingga masalah-masalah yang timbul bisa diatasi dengan mudah.

11. Buat Jadwal Bertemu
Rencanakan waktu dan jadwal untuk bertemu pasangan, bisa 1 bulan sekali, 2 bulan sekali, dan lainnya dan sesuaikan dengan kesibukan masing-masing. Pertemuan yang berkualitas akan menyenangkan dan mengobati rasa rindu kedua belah pihak.

12. Bersikap Sabar
Seperti pada awal tadi dikatakan bahwa menjalani hubungan jarak jauh tidaklah semudah seperti menjalani hubungan biasa pada umumnya. Diperlukan kesabaran ekstra untuk menjalaninya. Dengan kesabaran Anda akan dapat menjalani dan mengatasi rintangan dan masalah yang timbul dengan mudah.

Nah itulah beberapa tips agar hubungan jarak jauh Anda agar tetap langgeng dengan berjalannya waktu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download