Cara Memulai Bisnis Kontrakan Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Kontrakan Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Kontrakan Yang Menguntungkan Bagi Pemula – Apabila Anda mempunyai uang yang lebih dari cukup maka berinvestasi di bidang properti adalah bisnis yang paling menguntungkan. Nah bagaimana – cara memulai bisnis kontrakan? Mengapa bisnis kontrakan menguntungkan? Karena harga properti akan terus naik seiring berjalannya waktu. Selain itu Anda akan mendapatkan penghasilan secara pasif yaitu Anda akan mendapatkan penghasilan setiap bulan atau tahun tanpa harus bekerja.

Cara Memulai Bisnis Kontrakan Yang Menguntungkan Bagi Pemula

 

 

Nah sebelum mulai berinvestasi properti yang akan Anda kontrakan nantinya, ada beberapa – cara memulai bisnis kontrakan yang perlu Anda cermati.

1. Lokasi Rumah
Pilihlah lokasi rumah yang strategis. Pengontrak biasanya akan mencari rumah yang akses masuknya mudah dan tidak terlalu jauh, bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi secara mudah.

Menjadi nilai tambah apabila lokasi rumah adalah kawasan yang bebas banjir dan bebas macet karena hal ini akan menjadi pertimbangan calon pengontrak. Pastinya mereka akan menginginkan rumah yang nyaman dan aman.

Pertimbangkan juga lokasi yang lengkap sarana dan prasarananya, misalnya dekat dengan sekolahan, rumah sakit, pasar, supermarket dan sarana penunjang lainnya.

2. Kualitas Bangunan
Belilah rumah dari developer yang terpercaya dengan bangunan yang berkualitas. Kualitas bangunan yang bagus akan lebih tahan lama sehingga Anda tidak harus melakukan renovasi ulang dalam waktu yang singkat.

Terlalu sering melakukan renovasi disebabkan oleh kualitas bangunan yang buruk misalnya kayu yang cepat lapuk, atap yang bocor dan sebagainya adalah pemborosan yang akan mengurangi keuntungan Anda dari biaya kontrak.

3. Design Rumah
Pengontrak tidak hanya mempertimbangkan letak yang strategis, namun mereka juga memperhatikan design rumah itu sendiri.

Pada umumnya orang lebih suka dengan design rumah modern jaman now atau design minimalis. Design rumah minimalis berkesan simpel, modern dan mudah membersihkan dan merawatnya.

Cara Memulai Bisnis Kontrakan Yang Menguntungkan Dan Aman Bagi Pemula

 

Belilah rumah dengan ruangan yang nyaman dengan sirkulasi udara yang lancar.

3. Perawatan
Sebelum calon pengontrak melihat rumah, pastikan rumah dalam keadaan terawat dan bersih. Calon pengontrak akan merasa risih dengan rumah yang kotor dan tidak terawat.

Bersihkan rumah kontrakan – secara berkala. Pastikan listrik, air dan saluran air dalam keadaan baik untuk menghindari komplain dari pengontrak.

4. Biaya sewa
Anda bisa menentukan biaya sewa rumah dengan melihat harga pasar di lokasi rumah kontrakan – Anda berada terlebih dahulu. Anda bisa mematok harga lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya dengan mempertimbangkan luas, design, lokasi, fasilitas lebih dari rumah kontakan Anda.

Calon pengontrak akan bersedia membayar lebih apabila rumah Anda mempunyai nilai plus, misalnya lokasinya nyaman dan tidak terlalu jauh dari akses masuk, bangungan yang lebih baru dibandingkan dengan yang lainnya atau memiliki fasilitas lebih misalnya dilengkapi dengan Air Conditioner, gorden dan sebagainya.

5. Asuransi
Demi keamanan dan agar terhindar dari resiko sebaiknya Anda memberikan perlindungan terhadap rumah kontrakan – Anda yaitu dengan mengasuransikannya.

Resiko yang dimaksud misalnya kebakaran atau bencana alam.

6. Penyewa
Kenalilah penyewa dan pastikan Anda memiliki identitas pengontrak seperti KTP dan KK. Pastikan pengontrak adalah orang bisa dipercaya dan diharapkan juga dapat merawat rumah Anda nantinya. Anda bisa menilai calon pengontrak pada waktu bertatap muka dan berbincang-bincang dengan mereka.

Jangan ragu untuk menolak pengontrak apabila Anda merasa ragu dengan identitas dan gelagat mereka yang tidak meyakinkan. Apabila calon pengontrak lebih dari satu, Anda bisa membandingkan mereka dari segi kredibilitas dan harga tawar yang diajukan, kemudian tentukan pengontrak yang menurut Anda lebih kredibel.

7. Surat Perjanjian Kontrak
Jangan lupa membuat surat perjanjian kontrak yang disetujui kedua belah pihak sebelum pengontrak memutuskan mengontrak rumah Anda. Anda bisa membuat sendiri di atas surat bermaterai dengan saksi-saksi maupun melalui Notaris. Untuk nilai kontrak yang tinggi sebaiknya menggunakan Notaris untuk aspek legalitas dan keamanan.

Demikian beberapa tips – cara memulai bisnis kontrakan yang bisa dipertimbangkan dan semoga berguna.

Baca juga: Tips Menyewakan Rumah  Secara Online – Bergabung Dengan Airbnp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download