Simak 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Pensiun Di Usia 40 – Berdasarkan Pengalaman Nyata

Simak 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Pensiun Di Usia 40 – Berdasarkan Pengalaman Nyata

Simak 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Pensiun Di Usia 40 – Berdasarkan Pengalaman Nyata

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Pensiun Di Usia 40 – Ingin pensiun dini bukanlah hal yant tidak mungkin apabila Anda mau berkorban. Banyak orang di sekitar kita yang sudah membuktikannya. CNBC telah mewawancarai beberapa orang yang sudah melakukannya agar dapat memberikan gambaran kepada Anda mengenai -Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Pensiun Di Usia 40.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Pensiun Di Usia 40

 

1. Pengeluaran Yang Tidak Terkontrol
Beberapa orang yang melakukan pensiun dini setuju bahwa langkah awal agar mencapai kebebasan finansial adalah mengontrol pengeluaran Anda. Intinya, “Anda harus paham mengenai apa yang Anda keluarkan sebelum Anda merencanakan budget pensiun Anda,” tutur Justin dan Kaisorn McCurry yang menabung lebih dari 1 juta dolar dalam waktu 10 tahun agar untuk pensiun di usia 30 an.

Selain tahu bagaimana seharusnya membelanjakan uang juga pastikan apakah Anda mendapatkan keuntungan dari uang simpanan Anda dan di sektor mana Anda bisa lebih banyak mengurangi pengeluaran, tambah pasangan tersebut.

2. Peningkatan Gaya Hidup
Apabila Anda ingin mapan lebih awal, sudah saatnya berhenti mengikuti gaya hidup lebih dari pendapatan Anda. Apabila pendapatan Anda meningkat, jangan meningkatkan pengeluaran Anda, melainkan sisihkan sebagian untuk langsung ditabung.

Hal di atas telah dilakukan oleh keluarga McCurry: Mereka memastikan bahwa “simpanan di bank meningkat seiring dengan meningkatnya pendapatan mereka,” tutur mereka kepada CNBC Make It.

Cara yang sama bisa dilakukan untuk pendapatan ekstra seperti bonus atau hadiah ulang tahun. Daripada merencanakan pergi ke suatu tempat atau membeli gadget, lebih baik disisihkan untuk melunasi kredit, tabungan dana pensiun atau dana darurat.

3. Rumah Yang Terlalu Besar
Cara yang paling mudah untuk menyisihkan simpanan pensiun dalam jumlah besar adalah dari pengeluaran terbanyak Anda yaitu rumah.

“Pikirkan bagaimana cara Anda bisa menghemat 20 sampai 30 persen.” kata J.P. Livingstone yang pensiun di usia 28 tahun dengan kekayaan sebesar 2,25 juta US dolar. Bila memungkinkan carilah rumah dengan ukuran lebih kecil, tuturnya kepada CNBC Make It.

Berpikirlah seperti ini: “Membeli sebuah rumah dengan kamar ekstra atau dengan desain yang lebih mewah mungkin akan bernilai 700 juta rupiah atau 1,4 miliar rupiah. Apakah nilai tersebut layak dengan harus bekerja selama tiga tahun lagi?”

4. Kemauan Untuk Menunggu Dan Melihat
Uang tidak dijatuhkan dari langit. Apabila Anda ingin mempunya cukup uang agar dapat pensiun dini, maka Anda harus mempunyai tujuan yang jelas dan rencana yang khusus.

Mulailah dengan memikirkan gaya hidup mendatang Anda dan berapa banyak pengeluaran yang dibutuhkan, tutur keluarga McCurry. Apakah Anda berencana melakukan banyak bepergian, atau membeli rumah peristirahatan? Apakah Anda berencana memberikan uang kepada anggota keluarga Anda?

Langkah berikutnya, rencanakan bagaimana pengeluaran Anda akan berubah setelah pensiun. “Pengeluaran Anda akan lebih sedikit di beberapa bidang seperti transportasi namun mungkin akan lebih besar di bidang yang lain seperti hiburan, rekreasi dan bepergian,” papar pasangan tersebut.

Terakhir, tetapkan anggaran pensiun Anda karena akan memudahkan Anda menetapkan berapa besar kebutuhan Anda selama tahun emas tersebut. Setelah Anda mendapatkan “angkanya,” Anda dapat menghitung berapa banyak yang harus Anda sisihkan setiap bulan untuk mencapai tujuan Anda.

5. Tinggal Dalam Zona Nyaman
Jangan meremehkan kekuatan untuk lepas dari zona nyaman Anda, tutur Steve Adcock yang melakukan pensiun dini di usia 30 an bersama istrinya Courtney.

“Keluar dari zona nyaman akan mengubah pandangan hidup kita dengan cara yang lebih sehat,” tulisnya kepada CNBC Make It. “Keluar dari zona nyaman adalah permainan mental dan akan menolong Anda untuk mendobrak kecanduan untuk mengeluarkan uang.”

Dan pada akhirnya, “Menjadi lebih terbiasa dalam situasi yang tidak nyaman karena keinginan untuk berhenti bekerja lebih awal.”

Apakah Anda tertarik untuk pensiun dini juga? Ada baiknya Anda mengikuti -5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Agar Pensiun Di Usia 40 di atas.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan? – Hal Yang Dilakukan Amazon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download