Apa Saja Keuntungan Berbisnis Rumah Kontrakan Yang Bisa Anda Dapatkan?

Apa Saja Keuntungan Berbisnis Rumah Kontrakan Yang Bisa Anda Dapatkan?

Apa Saja Keuntungan Berbisnis Rumah Kontrakan Yang Bisa Anda Dapatkan? Saat ini kebutuhan akan rumah masih sangat besar terutama di kota-kota besar. Sehingga tidak ada salahnya kalau Anda mulai memikirkan untuk bisnis rumah kontrakan.

Apa Saja Keuntungan Berbisnis Rumah Kontrakan Yang Bisa Anda Dapatkan?

Minat untuk menyewa rumahpun cenderung masih tinggi terutama rumah-rumah yang dekat dengan kawasan industri, perkantoran, pusat perbelanjaan dan sarana-sarana umum seperti rumah sakit, sekolahan, perguruan tinggi, terminal, stasiun kereta.

Berbisnis properti tidak akan merugi – kalau Anda sudah mempertimbangkan aspek lokasi yaitu harus strategis, mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi serta bebas dari banjir dan kemacetan.

Nah apabila Anda sudah menyewakan rumah Anda, keuntungan – apa saja yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini? Mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Penghasilan pasif
Rumah yang Anda kontrakkan itu ibaratnya adalah mesin penghasil uang Anda. Tanpa harus bekerja Anda akan mendapatkan penghasilan tiap bulan/tahun. Sebaiknya Anda mulai memikirkan penghasilan pasif pada saat Anda masih bekerja dan mendapatkan gaji tiap bulannya. Sehingga pada waktu Anda nanti sudah pensiun Anda tidak usah dipusingkan lagi dengan penghasilan bulanan.

2. Harga Sewa Rumah Yang Meningkat Tiap Tahun
Harga properti akan cenderung naik tiap tahunnya. Ketika harga rumah meningkat tiap tahunnya, maka harga sewa rumah diharapkan juga akan meningkat. Peningkatan harga sewa rumah saat ini diperkirakan sebesar 10-15% tiap tahunnya. Namun semuanya kembali pada lokasi, kondisi rumah dan perkembangan lokasi di mana rumah tersebut berada.

Berapa besaran angka sewa rumah akan tergantung dari harga pasaran di mana rumah tersebut berada. Sebagai patokan, beberapa sumber menyarankan harga sera rumah Anda tidak kurang dari 5% dari harga jual rumah Anda. Misalnya harga jual rumah Anda adalah Rp 600 juta, maka harga sewa rumah yang pantas adalah Rp30 juta tiap tahunnya.

3. Manfaat Langsung
Investasi properti yang lain seperti tanah tidak dapat memberikan manfaat yang langsung kepada Anda. Terkecuali pada saat tanah tersebut sudah dikelola, itupun aspek pemanfaatannya juga sangat terbatas. Berbeda dengan rumah, Anda bisa memiliki manfaat langsung yang lebih banyak ketika menginvestasikannya.

4. Perawatan Bisa Dibebankan pada Penyewa
Pada saat membuat perjanjian kontrak rumah, Anda bisa membuat kesepakatan dengan pihak penyewa bahwa biaya perawatan rumah akan dibebankan kepada penyewa. Perawatan dalam hal ini adalah soal kebersihan, pemeliharaan taman dan tanaman serta perawatan-perawatan kecil lainnya. Sudah semestinya kalau penyewa rumah ikut bertanggungjawab dalam hal pemeliharaan rumah. Tentunya kita berharap pada saat sewa rumah sudah berakhir, kondisi rumah kita akan kembali dengan keadaan baik seperti sebelum disewakan.

5. Sebagai Agunan
Apabila suatu saat Anda ingin mengembangkan usaha di bidang apapun dan Anda membutuhkan pinjaman dari bank dengan jumlah yang cukup besar, Anda bisa mengagunkan rumah yang Anda sewakan tersebut kepada pihak bank. Kemudian pihak bank akan mengobservasi rumah Anda dan menaksir nilai rumah Anda. Besaran pinjaman dari bank biasanya lebih kecil dari nilai rumah Anda.

Demikian beberapa ulasan mengenai keuntungan – yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis rumah kontrakan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Kontrakan Yang Menguntungkan Dan Aman Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download