Kiat Sukses Pengusaha Buat Pemula Yang Perlu Anda Ketahui

Kiat Sukses Pengusaha Buat Pemula Yang Perlu Anda Ketahui

Kiat Sukses Pengusaha Buat Pemula Yang Perlu Anda Ketahui

Kiat Sukses Pengusaha Buat Pemula-Memulai usaha tidak hanya membahas cara-cara mengembangkan bisnis tetapi juga diperlukan beberapa strategi untuk meminimalkan kegagalan. Berikut adalah langkah-langkah -kiat sukses pengusaha buat pemula  yang perlu Anda ketahui.

Kiat Sukses Pengusaha Buat Pemula Yang Perlu Anda Ketahui

 

1. Memiliki skill
Anda harus memiliki skill yang mumpuni terhadap bisnis yang akan Anda lakukan. Paling tidak Anda mengerti seluk-beluk usaha yang Anda jalankan. Misalnya ingin berbisnis fashion, paling tidak Anda mengerti cari menghitung bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah baju. Kalau Anda tidak mempunyai dasar-dasar membuat baju maka Anda bisa belajar terlebih dahulu melalui training atau magang. Hal ini penting supaya Anda tidak ditipu oleh rekan-rekan bisnis Anda. Demikian juga halnya di bidang kuliner, otomotif dan lain sebagainya.

2. Berpikir strategis
Lingkungan bisnis mempunyai banyak aspek seperti orang-orang yang akan terlibat dalam bisnis Anda, peluang dan selera pasar, pesaing usaha, pemasok, konsumen maupun pihak-pihak lain dalam jangka panjang. Anda dituntut untuk mampu untuk menggabungkan, menyelaraskan dan mendayagunakan seluruh aspek tadi menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan.

Anda harus menentukan siapa saja yang akan ambil bagian dalam perjalanan usaha Anda. Rekrut orang-orang yang mempunyai potensi untuk mengembangkan bisnis Anda ke arah positif.

3. Pandai memanfaatkan peluang
Kenalilah pasar dan kemudian tentukan produk yang akan dijual serta target pasarnya sehingga tepat sasaran untuk meminimalkan hambatan-hambatan dalam pemasaran nantinya. Produk yang dijual hendaknya sesuatu berkualitas, inovatif dan yang benar-benar dibutuhkan pasar. Kualitas yang unggul menjadi salah satu strategi untuk mengalahkan para pesaing usaha Anda. Dengan demikian target penjualan diharapkan akan tercapai.

4. Mengenali pesaing usaha
Anda harus memikirkan persaingan seperti apa yang mungkin terbangun dalam jangka panjang.er
Cari tahu jumlah pesaing yang bergerak di bidang yang sama dan kenali barang-barang yang diproduksi pesaing Anda. Dengan demikian Anda bisa berpikir lebih kreatif dan inovatif lagi untuk memproduksi barang-barang yang unik.

Memasarkan produk yang sama akan memiliki hambatan-hambatan dalam pemasaran karena banyaknya persaingan.

5. Keberanian mengeksekusi
Hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah keberanian untuk memulai usaha. Menunda-nunda eksekusi akan semakin membuat rencana usaha Anda gagal.

6. Serius dan tekun
Usaha yang baru dimulai tidak akan berhasil dalam sekejap. Diperlukan keseriusan dan ketekunan untuk menjalankannya. Terutama apabila pergerakan bisnis tidak sesuai dengan harapan, biasanya para pemulan akan patah semangat, jenuh dan bosan. Jangan biarkan hal-hal kecil melunturkan semangat Anda dalam menekuni bisnis yang sudah berjalan. Tetaplah tekun dan konsisten menjalaninya sampai pergerakan bisnis Anda stabil dan konstan.

7. Antisipasi resiko kegagalan
Untuk meminimalkan potensi kegagalan, pelajari resiko yang mungkin akan muncul dalam perjalanan bisnis Anda sebagai antisipasi di masa mendatang. Sehingga diharapkan kegagalan itu tidak terlalu parah karena Anda sudah mengantisipasinya di awal.

Nah semoga Anda tidak ragu lagi untuk memulai berbisnis setelah Anda mengetahui -kiat sukses pengusaha buat pemula.

 

Baca juga: Investasi Apa Yang Penting Anda Lakukan – Investasi Leher Ke Atas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download