Kunci Sukses Apa Saja Yang Harus Anda Pelajari – Menurut Jeff Bezos

Kunci Sukses Apa Saja Yang Harus Anda Pelajari – Menurut Jeff Bezos

Kunci Sukses Apa Saja Yang Harus Anda Pelajari – Menurut Jeff Bezos

Kunci Sukses Apa Saja Yang Harus Anda Pelajari-Sukses perlu perjuangan yang pantang mundur dan keberanian mengambil resiko. Mari kita simak apa saja yang dipelajari Jeff Bezos untuk menjadi sukses pada saat ia masih kanak-kanak membantuk kakeknya bekerja di peternakan.

Jeff Bezos yang adalah penemu Blue Origin, saat ini sedang mengembangkan roket New Glenn bersaing dengan Spacex. Menurut majalah Forbes, Jeff Bezos saat ini adalah orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar 133 miliar US dolar.

Kunci Sukses Apa Saja Yang Harus Anda Pelajari

Sebagai pimpinan perusahaan perdagangan berbasis internet raksasa Amazon dan perusahaan luar angkasa Blue Origin, Bezos adalah sebuah media yang mana bisnis-bisnisnya akan sangat mungkin terbentuk di kemudian hari.

Di samping mengandalkan teknologi untuk membangun keberuntungannya di bisnis online, Bezos mengatakan ia belajar kunci sukses semenjak usia dini yaitu lebih banyak pada melakukan hal-hal yang alami yaitu pada saat ia bersama kakeknya di peternakan kakek neneknya di Texas Selatan.

Mau tahu -kunci sukses apa saja yang harus anda pelajari? Simak apa yang diajarkan kakeknya kepada Jeff Bezos berikut ini. “Menjadi cerdik. Apabila ada masalah, ada solusi,” pungkas Bezos dalam acara bincang-bincang dengan Axel Springer, CEO Mathias Dopfner yang dipublikasikan oleh Business Insider akhir April 2018.

Bezos mengatakah bahwa kakeknya “sangat bijaksana” dan cukup cerdik untuk melakukan banyak pekerjaan sendiri di peternakan.

“Kakek amat sangat penting dalam kehidupan saya,” lanjut Bezos.

“Satu hal yang sangat menarik dari kakek saya dengan gaya hidupnya adalah dia melakukan semuanya sendiri. Bahkan dia tidak memanggil dokter hewan ketika salah satu ternaknya sakit; dia cuma mencoba berpikir apa yang bisa dilakukannya,” cerita Bezos.

“Tentu saja apabila Anda masuk ke dunia bisnis bahwa semua yang Anda lakukan dalam tim, Anda tersadar bahwa semuanya bukan hasil dari pemikiran Anda sendiri melainkan hasil permikiran tim,” tandasnya.

Bezos yang berumur 54 tahun, lahir pada tahun 1964 pada saat Ibunya berumur 17 tahun.

“Saya dapat meyakinkan Anda bahwa menjadi remaja yang hamil di sekolah menengah atas bukanlah hal yang baik di Albuquerque, New Mexico pada saat itu,” pungkas Bezos. “Jadi Ibu mengalami masa yang sulit.”

Untuk membantu pasangan muda tersebut, kakek nenek Bezos merawatnya di Texas Selatan setiap musim panas. Sebagai seorang anak, Bezos senang membantu kakeknya di peternakan.

Saya masih sangat kecil tetapi pengalaman itu amat berguna. Saya juga yakin saya sulit diatur. Pada saat saya berumur 4 tahun, Kakek berkhayal bahwa saya sedang membantunya di peternakan yang tentunya hal itu tidak mungkin benar. Namun saya mempercayainya. Dan ternyata pada saat saya berumur 16 tahun, saya sedang membantunya di peternakan. Saya dapat mengobati ternak yang terselip; kami mengerjakan pekerjaaan dokter hewan sendiri. Bahkan beberapa ternak bisa tetap hidup,” lanjut Bezos. “Dan kami juga memperbaiki kincir angin dan membuat saluran pipa air, membangun pagar dan lumbung dan memperbaiki buldozer.”

Selain belajar pentingnya banyak akal dari kakeknya, Bezos juga belajar menghargai rahmat kebaikan.

Di suatu musim panas, Bezos mendengarkan radio tentang kampanye anti merokok yang mengiklankan bahwa setiap hisapan rokok akan mengurangi sebagian dari hidup Anda. Neneknya adalah perokok berat. Bezos kecil yang tertarik pada angka-angka langsung menghitung berapa banyak waktu yang sudah hilang dari Neneknya.

“Dalam pemikiran seorang anak berumur 10 tahun, saya cukup cerdas melakukan hal tersebut, dan setelah saya menyelesaikan hitungan saya, dengan bangga saya mengatakan kepada Nenek saya bahwa sudah berapa tahun ia kehilangan hidupnya. Dan saya mendapatkan reaksi yang tidak saya sangka, Nenek saya menangis terisak-isak,” kenang Bezos.

Kakeknya menghentikan mobil dan membawa Bezos keluar mobil.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi karena Kakek tidak mengatakan sepatah kata pun. Saya pikir mungkin dia marah kepada saya. Namun ternyata tidak. Dia membawa saya keluar supaya kami memiliki waktu pribadi dan Kakek mengucapkan kata-kata yang luar biasa ini,” ucap Bezos.

“Kakek mengatakan, ‘Kamu kelak akan mendapati bahwa lebih sulit untuk menjadi baik daripada pandai.'”

Besoz juga mengatakan hal yang inti tersebut pada pidato pembukanya di Princeton pada tahun 2010.

“Kepandaian adalah karunia namun kebaikan adalah pilihan. Talenta adalah gampang karena memang sudah dikaruniakan. Pilihan mungkin bisa sulit,” ungkap Bezos dalam pidatonya di Princeton. “Apabila tidak berhati-hati, kalian dapat memuji diri sendiri dengan talenta kalian namun apabila hal tersebut kalian lakukan maka mungkin merupakan kerugian atas pilihan Anda.”

Demikianlah -kunci sukses apa saja yang harus anda pelajari menurut Jeff Bezos. Semoga memberikan inspirasi kepada Anda.

Sumber: CNBC Make It

 

Baca juga: Apa Yang Akan Anda Sesali Pada Saat Tua – Apa Kata Jeff Bezos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download