Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda

Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda

Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda

Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda – Pada era digital ini kebanyakan orang terutama kaum milenial lebih banyak melakukan komunikasi lewat SMS, email dan WA daripada lewat tatap muka secara langsung.

Para kaum milenial yang baru memulai karirnya harus sangat berhati-hati terhadap pesan yang dikirim tanpa kata-kata. Tanpa Anda sadari bahasa tubuh dapat mengungkapkan bahwa Anda tidak layak atau jujur. Dan sepertinya Anda perlu mempelajari -Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda agar hubungan Anda dengan atasan, rekan sekerja atau pertemanan Anda bagus tanpa benturan-benturan yang berarti.

Kunci agar karir Anda sukses adalah memiliki hubungan profesionalitas yang kuat yang dibangun atas dasar kepercayaan. Dalam lingkup dunia kerja, hanya orang-orang yang dipercaya yang mendapatkan tanggung jawab dan keleluasaan.

Memperhatikan bahasa tubuh amatlah penting, bagaimana Anda duduk dan berdiri. Menurut Kasia dan Patryk Wezowski, penemu Pusat Bahasa Tubuh, bahu yang merosot, mata yang sayu, melipat tangan sepertinya tidak masalah namun hal tersebut dapat menunjukkan ketidakjujuran atau rasa kurang percaya diri. Bahkan dapat membahayakan suatu karir.

Diperlukan sedikit pembenahan bahasa tubuh agar dapat membangun kepercayaan dengan orang lain, seperti yang tertulis dalam buku mereka “Penguasaan Ilmu Bahasa Tubuh dan Maksimalkan Kesuksesan Anda.”

Berikut ini adalah -Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda:

1. Sedikit Memiringkan Kepala
Sedikit memiringkan kepala menunjukkan sikap menaruh perhatian. Pada saat kita ingin menunjukkan rasa percaya, tanggung jawab, setuju atau tertarik, kita memperlihatkan leher kita kepada lawan bicara kita. Hal tersebut menunjukkan bahwa kita siap mendengarkan tanpa adanya pertentangan. Demikian menurut Kasia dan Patryk Wezowski.

Bahasa tubuh ini terbukti efektif pada saat bernegosiasi atau berdebat dengan pihak lawan. Mantan Presiden Amerika, Barack Obama seringkali memiringkan kepalanya ketika berdebat politik.

Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda

Obama ingin menunjukkan bahwa ia memahami lawan politiknya yang menunjukkan sedikit permusuhan dan perlawanan.

2. Lakukan Kontak Mata
Melakukan kontak mata tidak hanya memancarkan rasa percaya diri namun juga untuk menjalin kepercayaan. Penelitian menunjkkan bahwa kita cenderung menganggap orang yang menghindari tatapan mata adalah orang yang tidak tulus, cemas terhadap lingkungan sosial dan tidak jujur. Sebaliknya kita lebih percaya kepada seseorang yang mengarahkan pandangan matanya langsung kepada kita.

Namun demikian kita harus belajar etika kontak mata. Terlalu lama melakukan kontak mata, Anda akan dipandang terlalu kuat. Terlalu sedikit melakukan kontak mata, Anda tampak tidak tertarik atau tidak yakin dengan diri Anda sendiri.

Dalam budaya Barat, memandang lawan bicara Anda sekitar 70% merupakan rujukan yang baik untuk diikuti. Pandangan mata yang tajam dianggap agresif atau pandangan yang merendahkan.

3. Membuka Telapak Tangan.
Pimpinan Facebook, Sheryl Sandberg, seringkali membentangkan telapak tangannya pada saat berbicara di depan orang banyak.

Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda

Membuka telapak tangan menunjukkan niat yang penuh damai, tidak ada yang disembunyikan, tanpa senjata dan secara terbuka Anda mau mendengar perkataan orang lain.

Orang yang kerap membuka telapak tangannya juga dipandang lebih dapat dipercaya. Para pemimpin agama seringkali membuka telapak tangannya ketika berbicara kepada umat. Di sisi lain, pembohong dan pengkhianat cenderung menutup dan menyembunyikan telapak tangannya.

4. Jabat Tangan Hangat
Menggunakan kedua belah telapak tangan ketika berjabatan tangan menunjukkan kehangatan, kepercayaan dan kebaikan, ungkap penulis.

Pahami pada waktu menempatkan tangan kiri Anda pada jenis jabat tangan ini. Semakin tinggi Anda menempatkan tangan kiri Anda pada tangan kanan yang kepada orang Anda berjabat tangan maka semakin memperjelas keinginan Anda untuk mempererat hubungan Anda. Misalnya, memegang siku lebih menunjukkan kasih sayang daripada memegang pergelangan tangan.

Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda

Berhati-hatilah menggunakan sikap tubuh ini, gunakan hanya kepada orang yang Anda kenal dan cukup dekat. Berjabat tangan dengan kedua belah tangan kepada orang yang tidak dikenal sepertinya tidak pada tempatnya dan akan menimbulkan kecurigaan dan ketidakpercayaan.

5. Jadilah Cermin
Perhatikan pada saat Anda sedang berbincang dengan teman dekat atau orang yang Anda cintai, bandingkan bahasa tubuh kalian. Anda akan mendapati kesamaan pada sikap dan gerak tubuh.

Menyamakan sikap tubuh orang lain dapat menciptakan kedekatan dan penerimaan layaknya pertemanan. Menurut penulis bahasa tubuh ini merupakan metode yang paling efektif untuk menimbulkan saling pengertian serta membuat hubungan yang baik dengan yang lain.

Lain waktu apabila Anda bertemu dengan orang baru, berusahalah menyamakan posisi lengan, nada suara atau bahkan ekspresi wajah. Dalam waktu singkat maka secara tidak sadar lawan bicara Anda akan merasakan nyaman dengan Anda. Hal ini terjadi karena mereka melihat diri mereka tercermin pada diri Anda.

Nah demikianlah -Lima Bahasa Tubuh Yang Membuat Orang Percaya Kepada Anda, seperti yang tertulis dalam buku yang ditulis oleh Kasia dan Patryk Wezowski, “Penguasaan Ilmu Bahasa Tubuh dan Maksimalkan Kesuksesan Anda.”

Semoga Anda mendapatkan nilai positif dari ulasan tersebut di atas dan dapat mempraktekkannya pada lingkungan sosial di mana Anda berada.

Sumber: CNBC Make It.

Baca juga: Siapa Influencer Selebriti Dengan Bayaran Tertinggi Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download