Manfaat Wirausaha Buat Pensiunan Yang Perlu Anda Pertimbangkan

Manfaat Wirausaha Buat Pensiunan Yang Perlu Anda Pertimbangkan

Manfaat Wirausaha Buat Pensiunan Yang Perlu Anda Pertimbangkan

Manfaat Wirausaha Buat Pensiunan – Agar tetap produktif sebaiknya para pensiunan melakukan kegiatan yang positif supaya efek psikologis karena tidak bekerja dan tidak mendapatkan penghasilan berganti menjadi energi yang positif. Salah satu adalah dengan berwirausaha.

Manfaat Wirausaha Buat Pensiunan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun kegiatan untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan serta memasarkannya.

Mau tahu apa -manfaat wirausaha buat pensiunan yang perlu Anda pertimbangkan? Mari kita simak beberapa manfaat berikut ini.

1. Menyehatkan fisik
Tak dapat dipungkiri dengan bertambahnya usia maka kemunduran fisik tak dapat dielakkan. Banyak resiko kesehatan yang mengintai di usia setelah 50 tahun. Masa yang rentan diserang berbagai penyakit degeneratif dan penyakit berat lainnya.

Dengan berwirausaha, Anda akan dipaksa untuk melakukan aktifitas fisik. Sesuaikan aktifitas fisik dengan kemampuan fisik Anda, jangan terlalu dipaksa. Orang yang melakukan aktifitas fisik tiap hari akan lebih sehat dibandingkan orang yang kurang melakukan aktifitas fisik. Mengapa? Karena kalori yang masuk dalam tubuh akan diubah menjagi energi sehingga penumpukan lemak dan gula dalam darah akan berkurang.

2. Menyehatkan pikiran
Seseorang yang tadinya mempunyai kedudukan yang cukup tinggi di kantor dan tiba-tiba harus diam di rumah akan mempunyai perasaan tidak berguna, tidak mempunyai pengaruh lagi, tidak diperhatikan dan dikagumi lagi. Apabila perasaan ini terus menghantui diri Anda maka Anda akan depresi.

Selain beraktifitas secara fisik, pikiran Anda akan terfokus bagaimana mengembangkan dan menjaga agar bisnis Anda tetap langgeng. Perasaan tidak berguna, tidak dikagumi akan hilang sejalan dengan berkembangnya usaha Anda. Dengan demikian pikiran Anda akan lebih sehat.

3. Menumbuhkan kreatifitas
Apabila Anda mempunyai usaha, Anda akan dipaksa berpikir terus bagaimana caranya mengembangkan usaha Anda dan bersaing secara sehat dengan lawan bisnis Anda. Sehingga akan muncul kreativitas untuk melakukan dan inovasi-inovasi yang diperlukan demi mengembangkan dan mempertahankan usaha Anda.

4. Membuat kita merasa bermanfaat
Dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat maka perasaan tidak berguna itu akan diganti dengan rasa bahagia. Terlebih lagi apabila usaha Anda sudah dapat memberikan keuntungan finansial buat keluarga Anda.

5. Menambah pengetahuan
Anda yang tadinya bekerja untuk perusahaan orang lain, maka sekarang Anda harus melakukan sesuatu sendiri untuk membangun bisnis Anda. Pengetahuan dan pengalaman yang Anda peroleh dalam membangun usaha Anda sendiri merupakan suatu aset yang tak ternilai harganya. Anda akan terus dan terus belajar dalam mengembangkan usaha Anda dengan demikian pengetahuan Anda akan terus bertambah.

6. Menambah teman
Anda memerlukan memerlukan jaringan untuk membangun dan mengembangkan usaha. Anda akan berhubungan dengan pemasok atau pelanggan. Dengan semakin luasnya jaringan Anda, maka teman Anda pun akan makin bertambah banyak.

7. Menambah penghasilan

Manfaat Wirausaha Buat Pensiunan
Sudah pasti kita mengharapkan agar usaha kita bisa memberikan keuntungan finansial. Anda akan lebih berbahagia karena keuntungan finansial itu Anda dapatkan dengan usaha Anda sendiri. Rasa bahagia yang berbeda dengan mendapatkan gaji tiap bulan dari perusahaan Anda sebelum pensiun.

Nah setelah mengetahui -manfaat wirausaha buat pensiunan yang tentunya sangat positif, jangan ragu untuk memulai wirausaha bagi para pembaca yang sudah memasuki usia pensiun.

 

Baca juga: Peluang Usaha Untuk Pensiunan Zaman Now Yang Perlu Dipertimbangkan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download