Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan? – Hal Yang Dilakukan Amazon

Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan? – Hal Yang Dilakukan Amazon

Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan? – Hal Yang Dilakukan Amazon

Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan – Amazon sebuah perusahaan perdagangan elektronik Amerika mempunyai cara yang tidak lazim dalam memperlakukan karyawannya yang tidak ingin bekerja di perusahaan tersebut. Alih-alih membiarkan karyawan tersebut keluar dengan sendirinya melainkan Amazon malah membayar karyawan tersebut agar keluar dari perusahaan. Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan?

Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan?

Sekali dalam setahun Amazon menawarkan untuk membayar penuh karyawannya sebesar 5.000 US dolar (sekitar 70 juta rupiah) agar mereka keluar dari perusahaan. Tiap karyawan berhak mendapatkannya setelah satu tahun bekerja, tetapi ada peringatannya bahwa siapa yang menerima tawaran tersebut tidak dapat bekerja lagi di Amazon selamanya.

“Kami hanya menginginkan orang-orang yang sungguh-sungguh ingin bekerja di Amazon,” kata juru bicara Amazon Melani Etches kepada CNBC Make It melalui email. Alasannya adalah bila seorang karyawan tidak ingin tinggal bekerja di suatu perusahaan yang tidak diinginkannya, untuk jangka waktu panjang hal tersebut tidak sehat.

Amazon menawarkan 2.000 US dolar bagi karyawan yang telah bekerja di perusahaan selama satu tahun dan meningkat 1.000 US dolar untuk tiap tahunnya, sampai maksimum 5.000 US dolar.

Program yang dikenal sebagai ‘Dibayar Untuk Keluar’, pertama kali diperkenalkan oleh Zappos, suatu perusahaan retail sepatu online. Perusahaan ini dibeli Amazon pada tahun 2009. Zappos hanya memberikan penawaran ini kepada karyawan yang paling baru yaitu yang baru bekerja selama beberapa minggu dan “bonus keluar” dipatok senilai 1.000 US dolar.

Pada dasarnya Amazon tidak menginginkan karyawannya menerima tawaran tersebut. Pada kenyataannya di atasnya tertulis “Jangan Ambil Penawaran ini,” ungkap Jeff Bezos, penemu dan CEO Amazon.

Jadi kenapa risau dengan menempatkan tulisan ‘Jangan Ambil Penawaran ini’ di tempat yang paling atas?

Menurut Bezos yang ditulis dalam surat pemegang saham pada tahun 2014, tujuannya adalah membuat para karyawan merenung sebentar untuk memikirkan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Dengan mempertimbangkan biaya yang sangat besar sehubungan dengan keluar masuknya karyawan, maka membayar karyawan yang ingin keluar sepertinya merupakan strategi bisnis yang berlawanan dengan intuisi. Namun menurut Michael Burchell seorang ahli budaya tempat kerja, justru hal tersebut akan meningkatkan keterikatan dan secara pengeluaran efektif dalam jangka panjang.

Menurut Burchell keterikatan seorang karyawan cenderung pada dua hal ini: komitmen untuk tinggal atau keluar. Sedangkan Dibayar Untuk Keluat bukan bertujuan untuk membuat para karyawan bekerja lebih keras namun mengandung makna komitmen untuk tetap tinggal.

“Apabila Anda memilih tidak untuk mengambil uang dan memilih untuk tinggal, artinya Anda berkomitmen pada perusahaan dan pekerjaan Anda,” papar Burchell. Jadi sebenarnya strategi tersebut membantu memetakan posisi tawar para pemilik usaha/karyawan atau kontrak mental.

Akibatnya karyawan yang menolak tawaran tersebut secara mental “menandatangani” dan berkomitmen pada perusahaan, lanjut Burchell. Hal ini akan membuat mereka makin terikat, makin produktif dan pada akhirnya akan lebih mengembangkan Amazon.

Suatu studi menyatakan bahwa perusahaan dengan keterikatan karyawan yang tinggi akan lebih produktif dibandingkan yang keterikatan karyawannya lebih rendah atau kecil

Sebaliknya karyawan lepas cenderung menerima tawaran tersebut dan jenis karyawan ini akan membuat perusahaan mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit.

Dengan memberikan penawaran ini, Amazon mampu untuk menyortir karywan lepas. Walaupun perusahaan harus mengeluarkan banyak uang untuk memperkerjakan dan melatih ulang seseorang namun dalam waktu singkat Amazon mampu memperkerjakan seseorang yang lebih berkualitas. Dalam jangka panjang hal tersebut memberikan keuntungan secara finansial. Demikian menurut Burchell.

Maukah Anda Dibayar Agar Keluar Dari Pekerjaan?

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Tips Membuat Keputusan Yang Bijak Buat Para Manajer – Menurut Jennifer Dulski

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download