Pemikiran 3 Menit Yang Paling Berharga Menurut Milyader Ray Dalio

Pemikiran 3 Menit Yang Paling Berharga Menurut Milyader Ray Dalio

Pemikiran 3 Menit Yang Paling Berharga Menurut Milyader Ray Dalio

Pemikiran 3 Menit Yang Paling Berharga Menurut Milyader Ray Dalio – Ray Dalio adalah penemu dan direktur Bridgewater Associates, perusahaan investasi global terbesar di dunia dengan modal lebih dari 160 milyar US dolar. Menurut majalah Forbes kekayaannya lebih dari 17 milyar US dolar.

Apakah -Pemikiran 3 Menit Yang Paling Berharga Menurut Milyader Ray Dalio, mari kita simak pemikirannya berikut ini.

Menurut Ray Dalio nasihat terbaik yang bisa dibagikannya adalah mendengarkan dengan baik orang yang tidak setuju dengan Anda.

Pemikiran 3 Menit Yang Paling Berharga Menurut Milyader Ray Dalio

Nasihat-nasihat terbaik Ray Dalio terangkum dalam bukunya “Principles”. Dia juga menerbitkan mini seri video “Principles for Success” berdasarkan bukunya “Principles”. Di situ dia mengatakan bahwa 3 menit pemikiran yang paling berharga adalah “Perhatikan dan akan mengubah hidup Anda secara drastis”; “Perhatikan dan pikirkan sejenak”. Dia juga mengatakan bahwa dia lebih baik dia mengganti kegembiraan karena terbukti benar dengan kegembiraan belajar apakah benar itu.

Belajar kebenaran berlawanan dengan yang Dalio percaya menjadi benar. Dalio meminta agar pendapat-pendapat yang berbeda dengannya diungkapkan.

Dalio mulai mencari orang yang paling bijaksana yang berbeda pendapat dengannya. Dalio tidak peduli dengan kesimpulan mereka namun dia hanya ingin tau bagaimana mereka melihat sesuatu melalui pandangan mata mereka dan menyuruh mereka melihat sesuatu lewat pandangan mata Dalio sehingga mereka dapat mengolahnya bersama-sama untuk mendapatkan kebenaran itu.

Dengan kata lain yang dibutuhkannya adalah ketidaksetujuan yang tidak asal.

Dengan melihat sesuatu lewat pandangan masing-masing seakan-akan melihat sesuatu dari hitam dan putih menjadi menjadi berwarna. Dunia lebih meriah.

Cara terbaik melewati gelapnya rimba kehidupan ini adalah dengan melihat wawasan lain yang berbeda dengannya, demikian menurut Dalio.

Dalio menyebutnya “transparansi radikal” yang sudah menjadi budaya di Bridgewater Associates. Namun demikian diperlukan usaha yang sangat berat untuk mempelajarinya.

Dalio mendirikan Bridgewater Associates pada tahun 1975. Pada awalnya perusahaan investasi global ini berjalan dengan baik. Kemudian Dalio menjadi sedikit arogan. Dia kalah taruhan yang hampir menghancurkan perusahaan. Dia harus meminjam uang kepada ayahnya sebesar 4000 US dolar untuk membayar hutang.

Dari situ dia belajar untuk memprioritaskan kebenaran di atas egonya dan di atas merasa diri benar sendiri.

Anda harus melepaskan jawaban-jawaban yang menurut Anda sendiri benar dan menggunakan ketakutan Anda untuk menjadi salah menjadi keterbukaan terhadap pandangan lain. Dengan cari ini Anda dapat melihat resiko dan kesempatan yang tidak dapat Anda dapati seorang diri.

Menurut Dalio dahulu dia akan selalu melakukan yang menurut dia sendiri paling baik, namun sekarang dia mendapati bahwa di luar sana banyak pemikir-pemikir yang hebat.

Tidak ada yang lebih baik selain bertukar pikiran dengan orang-orang hebat di mana kebenaran dan transparansi bisa terkuak secara radikal.

Masih menurut Dalio, apabila Anda belajar menerapkan hal ini maka Anda akan mengembangkan kehidupan Anda secara radikal.

Demikian -Pemikiran 3 Menit Yang Paling Berharga Menurut Milyader Ray Dalio, semoga bisa menginspirasi.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Pukul Berapakah Orang-orang Sukses Pergi Tidur – Elon Musk, Barack Obama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download