Tahukah Anda Pengusaha Wanita Terkaya Di Dunia – Simak Kunci Suksesnya

Tahukah Anda Pengusaha Wanita Terkaya Di Dunia – Simak Kunci Suksesnya

Tahukah Anda Pengusaha Wanita Terkaya Di Dunia – Simak Kunci Suksesnya

Pengusaha wanita terkaya di dunia – untuk menjadi sukses dan kaya diperlukan perjuangan yang gigih dan pantang menyerah seperti yang dialami oleh Zhou Qunfei berikut ini.Zhou Qunfei adalah –pengusaha wanita terkaya di dunia. Dia mengatakan kunci suksesnya adalah ketekunan.

Pengusaha Wanita Terkaya Di Dunia

Zhou yang berumur 48 tahun adalah CEO dari Lens Technology. Dia membangun kerajaan bisnisnya sebagai pemasok lensa kaca bagi perusahaan teknologi raksasa seperti Tesla, Apple dan Samsung. Namun memerlukan perjuangan yang gigih untuk sampai ke puncak.

“Sebagai pengusaha saya sudah banyak menemui banyak rintangan dan tantangan. Apabila saya putus asap, maka tidak akan ada Zhou Qunfei atau Lens Technologi,” ungkapnya kepada CNBC.

Kesulitan hidup itu sudah dialaminya sejak kecil. Sebelum Zhou dilahirkan, ayahnya yang adalah seorang tukang yang terlatih, menjadi buta dan kehilangan jarinya karena kecelakaan kerja di pabrik. Penderitaan bertambah ketika Ibunya meninggal pada saat dia berusia lima tahun. “Saya terus berpikir di mana saya akan mendapatkan makanan dan bagaimana cara mendapatkannya, ” kenangnya.

Pada tahun 1986 saat dia berumur 16 tahun Zhou putus sekolah karena harus bekerja di pabrik lensa di bagian perakitan. Pada malam harinya dia mengambil kursus akunting dan bermimpi untuk mempunyai usaha sendiri.

Pada tahun 1993, dia berhasil mengumpulkan uang sebanyak 20.000 HK dolar atau kira-kira setara dengan 35 juta rupiah untuk membangun perusahaan keluarga pertamanya sebagai pembuat lensa jam tangan. Dia bekerja sama bersama ketujuh sepupunya dan saudara kandunganya dan tinggal di apartemen dengan tiga buah tempat tidur saja selama empat tahun.

Kira-kira sepuluh tahun kemudian, Zhou mendirikan pabrik pembuat lensa jam tangan dan memperkerjakan 1000 orang. Namun terjadi masa yang paling kelam pada tahun 2003 setelah dia memenangkan kontrak dengan Motorola dan mengalahkan para pesaingnya.

“Pesaing bisnis sangat dendam”, tandas Zhou. “Mereka bersekongkol dengan pemasok bahan baku dan mencoba memeras sampai saya menyerah.” Pemasok telah berbuat di luar norma-norma industri dan menuntut pembayaran penuh sebelum pengiriman bahan baku.

Untuk memenuhi permintaan pemasok, Zhou harus menjual rumahnya dan barang berharga lainnya, namun itu semua belum cukup.

“Saya putus asa,” kenangnya. “Saya berdiri di peron Stasiun Hung Hom di Hongkong dan hampir saja loncat, melamunkan seandainya saya pergi pasti semua masalah juga akan lenyap.”

Namun panggilan telpon dari putrinya menyadarkannya kembali pada kenyataan. “Saya sadar demi keluarga dan karyawan, saya tidak boleh putus asa. Saya harus terus maju.” Kemudian dia mengirim email “911” kepada Motorola dan dengan pertolongan mereka, dia dapat mengatasi krisis tersebut.

Pada bulan Maret 2015, Lens Technology go public dan saat ini perusahaan tersebut ditaksir sebesar 11.4 miliar US dolar dan memiliki lebih dari 82.000 karyawan di seluruh Cina, tulis majalah Forbes.

“Kebanyakan orang akan mengalami pukulan berat pada rasa percaya diri pada saat mereka menghadapi kejatuhan,” terang Zhou, “namun kunci menuju sukses adalah ketekunan, terutama pada masa-masa yang paling sulit.”

Para sesama pengusaha memanggil Zhou dengan julukan “Brother Fei” karena menurut mereka Zhou setangguh lelaki. Bahkan menurut mereka lebih tangguh.

Pada saat Zhou mengajak 20 manajer dalam rangka pelatihan “team building” dengan mendaki gunung Dawei di Cina yang tingginya lebih dari 5000 kaki (=1524 meter) di atas permukaan laut, beberapa ingin berhenti sampai setengah jalan saja. Namun, Zhou memaksa mereka untuk tidak berhenti tetapi terus mendaki.

“Karena kalau Anda berhenti setengah jalan, Anda tidak akan memiliki keberanian untuk kembali dan harus memulai semuanya dari awal lagi,” jelasnya. “Hanya dengan bertekun kita dapat sukses. Jangan mudah menyerah hanya karena rintangan kecil.”

Demikianlah kisah inspiratif dari -pengusaha wanita terkaya di dunia, Zhou Qunfei. Semoga Anda terinspirasi.

Sumber: CNBC News

Baca Juga: Tahukah Anda Awal Mula Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download