7 Penyebab Tidur Malam Anda Terganggu – Yang Perlu Diperhatikan

7 Penyebab Tidur Malam Anda Terganggu – Yang Perlu Diperhatikan

7 Penyebab Tidur Malam Anda Terganggu – Yang Perlu Diperhatikan

Penyebab Tidur Malam Anda Terganggu -Tubuh kita memerlukan istirahat di malam hari setelah kita beraktivitas seharian. Jadi tidur di malam hari adalah kebutuhan setiap orang untuk beristirahat sekaligus memulihkan kembali energi untuk beraktivitas keesokan harinya. Tidur yang cukup berkisar antara 7-8 jam. Tidur yang berkualitas akan membuat kita terbangun dengan perasaan bugar di pagi hari. Selain itu tidur yang cukup dan berkualitas bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Penyebab Tidur Malam Anda Terganggu

 

Namun sayangnya tidak semua tidur itu berkualitas. Tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan atau aktivitas yang dapat mengganggu jadwal dan kualitas tidur Anda. Mari kita simak 7 -penyebab tidur malam Anda terganggu yang selama ini tidak Anda ketahui.

1. Makan makanan manis menjelang tidur
Sistem pencernaan kita membutuhkan waktu untuk memecah tingginya lemak jenuh dan gula yang biasa kita temukan pada makanan pencuci mulut seperti es krim atau kue-kue. Kalau kita mengonsumsi makanan manis dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu siklus tidur kita karena pada saat itu pencernaan kita masih bekerja.

2. Makan terlalu kenyang menjelang tidur
Seperti halnya makan makanan manis, makan terlalu kenyang menjelang tidur juga akan mengganggu pencernaan kita. Bila Anda langsung tidur setelah makan dapat membuat tubuh Anda bekerja keras untuk mencerna makanan terakhir yang masuk ke perut.

Penyebab Tidur Malam Anda Terganggu

 

Sebaiknya Anda berhenti makan sebelum jam 9 agar makanan tidak mengganggu jam tubuh Anda. Hal lain yang baik dilakukan adalah berjalan-jalan setelah makan malam, tidak duduk diam di depan televisi atau langsung berbaring di tempat tidur. Ini akan meredakan kembung dan membuat pencernaan lebih sehat sehingga dapat buang air besar dengan lancar.

3. Makan makanan pedas menjelang tidur
Rasa pedas pada cabai dapat mengganggu cairan lambung di perut yang bisa memicu naiknya asam lambung. Sehingga perut dan dada terasa panas. Tentu saja dengan rasa yang tidak enak ini, tidur Anda akan terganggu.

4. Makan makanan yang mengandung gas
Makanan yang mengandung gas seperti kol, kacang-kacangan akan menyebabkan asam lambung naik yang berakibat kembung pada perut kita. Hal ini akan mengganggu tidur Anda.

5. Minum minuman beralkohol sebelum tidur
Minum minuman beralkohol akan menimbulkan efek mengantuk sehingga mendorong Anda untuk segera tidur. Namun hal ini tidak berlangsung selama waktu tidur Anda. Anda hanya akan merasa nyenyak awal-awal tidur, setelah itu Anda mungkin akan terbangun di pertengahan malam sehingga waktu tidur Anda akan terganggu dan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jika Anda ingin bangun dengan tubuh segar, sebaiknya menghindari mengonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur.

6. Minum terlalu banyak air sebelum tidur
Sudah tentu minum terlalu banyak air sebelum tidur akan menyebabkan Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil.

7. Melakukan pekerjaan sebelum tidur
Sebaiknya selesaikan pekerjaan Anda sebelum malam. Karena dengan melakukan pekerjaan di malam hari pikiran Anda akan dibuat tegang apalagi bila ada masalah dalam pekerjaan. Buatlah pikiran Anda rileks 30 – 45 menit sebelum tidur.

Setelah Anda mengetahui 7 -penyebab tidur malam Anda terganggu, semoga Anda dapat menghindari hal-hal yang menyebabkan tidur malam Anda terganggu sehingga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca juga: Makanan Super Enak Untuk Penderita Insomnia Yang Tidak Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download