Pertanyaan Apa Saja Yang Pantang Ditanyakan Pada Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan Apa Saja Yang Pantang Ditanyakan Pada Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan Apa Saja Yang Pantang Ditanyakan Pada Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan Apa Saja Yang Pantang Ditanyakan Pada Saat Wawancara Kerja-Perasaan cemas dan tidak percaya diri seringkali menghantui pikiran bagi mereka yang baru pertama kali melakukan wawancara kerja. Ya karena hal ini menyangkut masa depan dan seakan-akan nasib Anda ditentukan pada hasil wawancara kerja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan persiapan yang matang sebelum melakukan wawancara kerja.

Pertanyaan Apa Saja Yang Pantang Ditanyakan Pada Saat Wawancara Kerja

Biasanya yang sering ada dalam pikiran adalah apa saja yang harus dikatakan pada saat wawancara kerja. Wawancara kerja bukan komunikasi satu arah saja. Pelamar seharusnya juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menunjukkan minat serta ketertarikan pada perusahaan dan bidang kerja yang dilamar. Pewawancara justru akan memberikan penilaian yang negatif apabila pelamar tidak mengajukan pertanyaan sama sekali.

Tentunya tidak semua pertanyaan dalam benak Anda tepat dipertanyakan pada saat wawancara berlangsung. Salah mengajukan pertanyaan akan berakibat fatal pada hasil wawancara. Nah pertanyaan apa saja yang pantang ditanyakan pada saat wawancara kerja dan apa yang boleh, mari kita bahas berikut ini.

1. Pertanyaan Tentang Gaji
Pertanyaan pertama yang pantang Anda tanyakan pada saat wawancara kerja adalah pertanyaan mengenai berapa besaran gaji yang akan Anda terima atau tunjangan apa saja yang akan Anda dapatkan.

Pertanyaan Apa Saja Yang Pantang Ditanyakan Pada Saat Wawancara Kerja

Harus dimengerti bahwa Anda masih pada tahap wawancara yang berati belum ada kepastian apakah Anda akan diterima kerja atau tidak. Jadi tidak seharusnya Anda mengungkit-ungkit hal ini. Terkecuali pewawancara menanyakan kepada Anda terlebih dahulu.

Pertanyaan mengenai gaji sangat sensitif oleh karena itu usahakan untuk tidak menanyakan terlebih dahulu kepada pihak pewawancara. Juga akan timbul kesan bahwa Anda lebih mengutamakan kepentingan Anda sendiri dibanding bidang pekerjaan yang Anda lamar.

2. Bertanya Tentang Kandidat Lain
Tidaklah etis apabila Anda menanyakan kepada pewawancara: “Berapa banyak kandidat lain yang sudah diwawancara?”. Bukan kapasitas Anda menanyakan pertanyaan tersebut kepada pewawancara.

Ajukan pertanyaan yang ada hubungannya dengan perusahaan dan bidang pekerjaan yang Anda lamar.

3. Bertanya Tentang Promosi Jabatan
Usahan untuk tidak menanyakan kepada pewawancara seberapa seberapa sering perusahaan mengadakan promosi jabatan. Sekali lagi bukan kapasitas Anda untuk menanyakan hal ini karena Anda masih melakukan tahap wawancara dan belum ada kepastian diterima kerja. Promosi jabatan merupakan otoritas perusahaan maka sudah seharusnya Anda tidak menanyakan pertanyaan ini.

Apabila Anda menanyakan hal ini maka pewawancara akan menilai Anda sebagai orang yang merasa dirinya lebih tinggi dan ada kesan arogan.

4. Bertanya Tentang Sanksi Keterlambatan
Hindari pertanyaan mengenai jam kerja pada saat wawancara. Terlebih apabila Anda menanyakan sanksi apa yang ditetapkan perusahaan apabila datang terlambat kerja. Sebagus apa pun pengalaman dan prestasi Anda tetapi apabila Anda menanyakan hal ini maka pewawancara akan memberikan penilaian negatif kepada Anda.

Ada kesan Anda akan memanfaatkan untuk datang terlambat kalau ternyata perusahaan tidak memberikan sanksi. Pewawancara juga akan memandang Anda kurang serius, tidak disiplin dan mementingkan diri sendiri.

5. Bertanya Tentang Penilaian Kerja
Penilian kerja akan berhubungan dengan promosi dan kenaikan gaji. Biasanya pelamar merasa penasaran bagaimana sistem penilaian kerja perusahaan terhadap karyawan. Namun sebesar apa pun rasa penasaran Anda, sebaiknya Anda menghindari pertanyaan ini karena akan memberikan kesan Anda kuatir akan penilaian negatif dari perusahaan.

Lebih baik Anda menunjukkan kepercayaan diri sehingga bisa meyakinkan pewawancara bahwa Anda pantas untuk mendapatkan posisi tersebut.

Nah setelah Anda memahami tentang -pertanyaan apa saja yang pantang ditanyakan pada saat wawancara kerja, maka sebaliknya Anda bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuat pewawancara tertarik untuk merekrut Anda sebagai karyawan.

 

Baca juga: Cara Agar Sukses Wawancara Kerja – Hindari Kesalahan Fatal Berikut Ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download