Tahukah Anda Siapa Yang Menginspirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba

Tahukah Anda Siapa Yang Menginspirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba

Tahukah Anda Siapa Yang Menginspirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba

Tahukah Anda Siapa Yang Menginspirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba – Saat ini Alibaba dipandang sebagai salah satu perdagangan elektronik yang visioner. Bagaimana awal mula Jack Ma mendirikan Alibaba? Siapa Yang Menginsipirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Tahukah Anda Siapa Yang Menginspirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba

Sang jutawan ternyata terinspirasi oleh salah satu cita-cita dari tokoh Asia dalam mendirikan kerajaan bisnisnya yaitu Perdana Menteri Malaysia.

Rencana Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad membuat ibukota Malayasia menjadi pusat teknologi bisnis telah mendorongnya untuk menuncurkan bisnis digital sekaligus merevolusi sistem teknologi di China.

Tahukah Anda Siapa Yang Menginspirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba

Ma menuturkan bahwa ide tersebut mulai muncul 20 tahun yang lalu ketika dia membaca surat kabar tentang proyek Mahathir Mohamad yaitu Koridor Raya Multimedia atau Multimedia Super Coridor (MSC) yang bertujuan untuk memoderenisasi Malaysia.

Ma terinspirasi oleh proyek MSC saat dia berkunjung ke Putrajaya, kota yang terletak di luar ibukota Malaysia, Kualalumpur.

Ma memulai bisnisnya pada tahun 1995, bermula dari China Pages, perusahaan internet pertama di China. Dan kemudian dia bertanya-tanya setelah itu mau ke mana, kenang Ma. Dia bertanya-tanya bagaimana internet dan teknologi digital ini dapat memberdayakan masyarakat.

Dan suatu hari ia membaca Koridor Raya Multimedia (MSC) di surat kabar dan ia mendapatkan ide jenius dari situ.

Pada saat dia membaca surat kabar tersebut di China pada tahun 1997, Ma berpikir, kalau Malaysia dapat melakukan hal tersebut kenapa China tidak? Mengapa dia tidak mencobanya di apartemennya? Ma berterima kasih kepada kepada sang Perdana Menteri karena MSC sudah menginspirasinya untuk mendirikan Alibaba.

Mahathir yang saat itu berumur 72 tahun, strategi teknologinya sudah menginspirasi bintang perdagangan elektronik, Ma, yang baru bersinar yang saat itu berumur 33 tahun.

Dalaum kurun waktu kurang dari 2 tahun, Ma meluncurkan Alibaba bersama 3 rekan bisnisnya yang lain. Saat ini perusahaan tersebut menjadi salah satu ritel online terbesar di dunia.

Strategi Mahathir pertama kali diumumkan pada tahun 1996 walaupun akhirnya ia kalah dalam pemilihan pada tahun 2003. Ma adalah pelopor teknologi China pertama yang berkunjung ke Malaysia sejak Mahathir terpilih kembali

Ma menuturkan bahwa ia akan terus mengamati inspirasi teknologi sang politisi.

Pada saat ia bertemu dengan Mahathir, Ma merasa bahwa pengetahuannya tentang teknologi sangat minim dan merasa haru membaca buku lebih banyak.

Masih banyak tokoh-tokoh dunia lain yang melihat akan pentingnya peranan buku dalam kesuksesan mereka selain Ma dan Mahathir. Terkuak sudah -Siapa Yang Menginspirasi Jack Ma Dalam Mendirikan Alibaba.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Apakah Ada Yang Tau Berapa Gaji Asisten Presiden Donald Trump

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Get an awesome sticky message bar!Download