Tiga Kesalahan Finansial Yang Sering Dibuat Orang Muda – Menurut Tim Chen Miliader Penemu NerdWallet

Tiga Kesalahan Finansial Yang Sering Dibuat Orang Muda – Menurut Tim Chen Miliader Penemu NerdWallet

Tiga Kesalahan Finansial Yang Sering Dibuat Orang Muda – Menurut Tim Chen Miliader Penemu NerdWallet

Tiga Kesalahan Finansial Yang Sering Dibuat Orang Muda – Setiap orang baik tua maupun muda pernah salah dalam membuat keputusan finansial. Artinya tidak seorangpun sempurna dalam membuat keputusan finansial. Bahkan seorang miliader sekaliber Warren Buffet juga membuat kesalahan investasi, jadi dapat dimaklumi apabila orang yang lebih muda juga pernah salah dalam membuat keputusan finansial.

Tim Chen penemu dan CEO dari situs pengelola finansial pribadi Nerdwallet bertutur kepada CNBC Make It, bahwa dia menemukan banyak kesalahan finansial yang terus menerus dilakukan orang muda.
Menurut miliader NerdWallet, -tiga kesalahan finansial yang sering dibuat orang muda.

Tiga Kesalahan Finansial Yang Sering Dibuat Orang Muda -

“Ada beberapa yang membuatku tidak habis pikir,” pungkas Chen yang berumur 35 tahun melihat pada tiga kesalahan yang biasa terjadi, walaupun dia buru-buru menambahkan bahwa tidak perlu malu terutama bila Anda bukan ahli keuangan.

Orang berpikir bahwa -tiga kesalahan finansial yang sering dibuat orang muda berikut ini sering dianggap normal dan tidak pernah memikirkan harus diapakan.

1. Lupa Memutar Dana Pensiun
Kesalahan pertama yang digarisbawahi Chen sepertinya nampak sepele, yaitu dana pensiun yang didapatnya dari pekerjaan sebelumnya dibiarkan nganggur daripada memutarnya ke bentuk investasi baru. Pada umumnya beberapa institusi keuangan menarik biaya lebih dari 1 persen per tahun hanya untuk mengelola dana pensiun Anda. Biaya tersebut dapat terus bertambah walaupun Anda tidak menambah simpanan lagi.

“Padahal sebenarnya persentasi uang Anda berkurang.” tutur Chen. “Pikirkan berapa banyak bila diakumulasikan. Yang harus Anda lakukan adalah memutarnya pada institusi keuangan yang tidak menarik biaya maka dengan melakukah hal tersebut Anda akan menghemat ribuan dolar sepanjang hidup Anda.”

Bahkan Chen sendiri tidak lepas dari kesalahan finansial juga walaupun dia bergelar sarjana ekonomi dari Stanford dan dia bekerja beberapa tahun di Wall Street sebagai pengelola keuangan sebelum menemukan NerdWallet pada tahun 2009. Sebuah situs yang dilihat oleh 10 juta pengunjung tiap bulannya dan sudah bernilai lebih dari 500 US dolar. Chen bertutur bahwa ia “tidak habis pikir” bagaimana manajemen biaya untuk simpanan pensiun diatur sampai beberapa tahun setelah dia berhenti sebagai pengelola bisnis keuangan dan simak pernyataannya berikut ini.

“Pada akhirnya saya meneliti biaya itu dan saya dikenakan biaya sebesar 2 persen pertahun hanya karena saya meninggalkan uang saya di dana pensiun,” tuturnya.

2.Tidak Merekondisi Pinjaman
Satu kesalahan lainnya yang ditemukan Chen adalah kebanyakan orang lalai untuk merekondisi pinjaman pada saat kondisi keuangan mereka sudah berubah, misalnya dari pinjaman pendidikan menjadi pinjaman untuk membeli mobil.

“Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa Anda bisa merekondisi hutang apa pun di bawah matahari,” tandas Chen. “Apakah itu pinjaman kredit, pinjaman pendidikan, pinjaman untuk membeli mobil, akan selalu ada ruang untuk merekondisinya, apakah itu untuk bunga yang lebih baik karena pembayaran Anda lebih baik, atau karena perubahan suku bunga.”

Chen mengatakan jenis pinjaman yang orang sering lupa untuk merekondisinya adalah pinjaman untuk membeli mobil (Anda “harus benar-benar mengeceknya secara teratur,” tuturnya), pinjaman pendidikan juga masalah besar yang dihadapi orang muda. CNBC melaporkan pada tanggal 5 Mei 2018 bahwa saldo terutang pinjaman pendidikan di Amerika meningkat tiga kali lipat pada 10 tahun terakhir, secara keseluruhan hampir mencapai 1.5 triliun US dolar, lebih besar dari gabungan hutang mobil maupun kartu kredit.

Pinjaman pendidikan dapat dengan mudah membesar, sehingga menjadi lebih sulit untuk menjadikannya simpanan untuk pembelian bernilai besar seperti mobil, namun peminjam selalu mempunyai pilihan untuk merekondisikan hutangnya karena gaji dan nilai kredit yang membaik.

3. Perencanaan Keuangan Yang Buruk
Kesalahan terakhir yang diwanti-wanti Chen sangatlah sederhana namun masih umum. Yaitu mengeluarkan uang lebih dari yang Anda dapatkan,” tuturnya. Banyak cara untuk mengatur dan mengikuti budget namun hal yang terpenting adalah Anda membelanjakan uang secara bertanggungjawab untuk menghindari tekor.

Tiga Kesalahan Finansial Yang Sering Dibuat Orang Muda -

“Saya pikir orang muda terlalu boros karena mereka beralasan “waktu muda hanya sekali,” tambah Chen. “Tetapi Anda harus bertanggungjawab.”

Bahkan Chen sendiri terkadang mengeluarkan uang secara tidak bijaksana juga. CEO NerdWallet bercerita bahwa kebiasaan finansialnya yang tidak sehat adalah kecanduan memesan “food delivery” dengan transportasi online.

“Saya memiliki kebiasaan yang amat sangat buruk dengan Uber Eats,” papar Chen. Paling tidak satu kali order makanan melalui Uber Eats tiap harinya,”ditambah dengan akhir pekan.”

“Seandainya saja saya lebih disiplin memasak,” tuturnya, “Mungkin saya dapat menghemat ribuan dolar per bulannya dan saya akan menjadi lebih sehat.”

Apakah kebiasaan Chen yang buruk tersebut juga terjadi pada Anda? Sudah saatnya Anda mulai menghitung berapa ratus ribu rupiah yang sudah terbuang karena manajemen keuangan yang buruk. Terlebih setelah menyimak -tiga kesalahan finansial yang sering dibuat orang muda seperti yang dipaparkan oleh CEO NerdWallet di atas, Anda lebih bijak dalam hal keuangan.

 

Sumber: CNBC Make It

Baca juga: Benarkah Tidak Perlu Sekolah Untuk Memulai Bisnis? – Apa Kata Tim Chen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Get an awesome sticky message bar!Download